oksavingmoney.com, champa - ASEAN merupakan kependekan dari Association the Southeast eastern Nations. Jadi, ASEAN adalah organisasi geo-politik dan ekonomi mengkhususkan bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Anda sedang menonton: Asean merupakan organisasi kawasan asia tenggara merupakan bentuk kerjasama

Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN didirikan di atas 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai tahun negara anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.


Kemudian, Brunei Darussalam bergabung diatas 8 Januari 1984, Vietnam diatas 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar diatas 23 Juli 1997, serta Kamboja pada 30 April 1999.

Ada lima tokoh penting di jepit berdirinya ASEAN. Kelima sosok tersebut ialah Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina), S. Rajaratnam (Singapura), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khonam dari Thailand.

Latar belakang berdirinya ASEAN tak lepas dari adanya persamaan antara negara-negara di Asia Tenggara. Satu di antara tujuan didirikannya ASEAN ialah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, evolusi sosial dan perkembangan budaya di kawasan.

Jadi, adanya ASEAN mempunyai kedudukan di masing-masing field tersebut, guna memperkuat merencanakan sama apa terjalin. Apa saja bentuk-bentuk merencanakan sama ASEAN?


2 dari 4 halaman

Bentuk action Sama di daerah Sosial dan Budaya


*

1. Daerah pembangunan sosial dengan stressed kesejahteraan golongan ditelepon rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran (upah) apa wajar.

2. Tolong kepada kaum banci dan pemuda dalam usaha-usaha pembangunan.

3. Menanggulangi masalah masalah development penduduk menjangkau bekerja sama menjangkau badan badan internasional apa bersangkutan.

4. Pengembangan sumber daya manusia.

5. Peningkatan kesejahteraan.

6. Program peningkatan kesehatan (makanan dan obat-obatan).

7. Pertukaran biakan dan seni, juga festival film ASEAN.

8. Penandatanganan kesepakatan bersama di daerah pariwisata ASEAN (ASEAN tourism Agreement).

9. Penyelenggaraan pesta latihan dua five sekali malalui SEA-Games.


3 dari 4 halaman

Bentuk action Sama di bidang Politik, Keamanan, dan Ekonomi


*

Bidang pergerakan Sama di daerah Politik dan Keamanan

1. Traktat Bantuan bertindak Timbal jepit di daerah Pidana (Treaty on Mutual asisten in Criminal Matters/MLAT ).

2. Konvensi ASEAN tentang Pemberantasan takut (ASEAN Convention on counter Terrorism/ACCT).

3. Pertemuan para sekretaris kesehatan Pertahanan (Defence Ministers Meeting/ADMM) apa bertujuan mempromosikan perdamaian dan stabilisasi kawasan melalui kotak dialog serta kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan.

4. Penyelesaian sengketa lautnya Cina Selatan.

5. Pergerakan sama pemberantasan kejahatan lintas negara yang mencakup pemberantasan terorisme, berdagang obat terlarang, pencucian mata uang penyelundupan dan perdagangan omongan ringan dan manusia, bajak laut, keburukan internet, dan keburukan ekonomi internasional.

6. Kerja sama di bidang hukum, field migrasi dan kekonsuleran, serta institusi antarparlemen.

7. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral.

Kerja kemiripan ASEAN di field Ekonomi

1. Pembukaan markas besar promosi ASEAN.

2. Penyediaan Cadangan Pangan.

3. Penyelanggaraan proyek Industri.

4. Kawasan berdagang Bebas.

5. Koperasi ASEAN.


*

Tujuan merencanakan sama daerah pendidikan adalah meningkatkan kualitas pelatihan di ASEAN dan meningkatnya daya tdk normal internasional.

Contoh action sama negara-negara ASEAN di daerah pendidikan.

2. Menawarkan beasiswa pendidikan. Contohnya, Singapura memberikan beasiswa latihan pengelolaan jasa pelabuhan udara, kesehatan, dan keselamatan merencanakan industri, komunikasi bahari, dan lain-lain. Contoh lain: Indonesia memberikan beasiswa pelatihan kedokteran, bahasa, dan seni kepada pelajar negara-negara anggotaenam ASEAN dan kawasan bangsa berkembang.

3. Negara-negara ASEAN memanfaatkan beasiswa untuk belajar di berbagai chip hotch di negara-negara ASEAN dan Jepang atas biaya yang diberikan malalui ASEAN-Japan Scholarship money (Dana Beasiswa ASEAN-Jepang).

4. Olimpiade di bidang pendidikan patuh diadakan pada tingkat regional Asia Tenggara. Contoh: Pertamina menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015.

Lihat lainnya: Terungkap! 1 Juta Dollar Berapa Rupiah Hari Ini, Berapa 1 Dolar Ke Rupiah Hari Ini

 

Sumber: Manajemen Sekolah, GuruPPKN


Presiden republikan Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mendapat jersey bernomor punggung 21 dari FIFA. Akun itu terlihat dalam acara penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA.