oksavingmoney.com, Jakarta Mantan atlet timnas nol voli putri, Aprilia Manganang, kembali membuat heboh. Kali ini ~ no lagi soal keterkaitannya menjangkau dunia olah raga, kemudian yang terjadi di ajang SEA games 2015 di Singapura, tapi hasil kebijakan aturan medis terkait types kelaminnya.

Anda sedang menonton: Atlet voli putri indonesia aprilia santini manganang

Aprilia Manganang, yang kini memanggang anggota TNI tanggapan serda, dipastikan such laki-laki setelah menjalani kebijakan aturan medis di atas Februari 2021 di RSPAD Gatot Subroto, jakarta Pusat.


Status gender Aprilia Manganang ini memang kerap dulu bahan pertanyaan. Saat masih were atlet nol voli, dia selalu mendapat protes dari lawan-lawannya.

Seperti apa pernah terjadi di ajang ball voli indoor putri SEA gamings 2015 lalu di Singapura. Selagi itu Aprilia yang menjadi andalan timnas Indonesia diragukan jenis kelaminnya oleh Filipina.

Pelatih timnas Filipina i get it Gorayeb ragu apakah Aprilia perempuan tulen. Pasalnya, secara melihat dan kemungkinan fisik, Aprilia mirip laki-laki.

"Aprilia mendesak kuat, itu seperti menempatkan seorang laki-laki di dalam pertandingan wanita," kata Gorayeb

 

**Ibadah ramadan makin khusyuk mencapai ayat-ayat ini.


Simak Video menaiknya Berikut Ini


Aprilia Manganang sekilas memang sikap tubuh dan permukaan terlihat seperti pria macho. Permasalah gender apa dialami Aprilia juga pernah diperbincangkan saat voli putri Indonesia bertanding di Sea gamings 2015.


2 dari 5 halaman

Protes


*

Perbesar
Pevoli PGN Popsivo, Aprilia Manganang, merayakan memenangi atas champa Pertamina Energi pada final Proliga 2019 di GOR among Rogo, Yogyakarta, sabtu (23/2). Popsivo saya menang 3-2 atas Pertamina. (Bola.com/Yoppy Renato)
Filipina pun mengajukan protes resmi kepada panitia. Mereka bahkan demands Aprilia menjalani pemeriksaan types kelamin terlebih dulu.

"Kami sudah mengajukan protes, terserah kepada manajer pertandingan karena meneruskannya kepada federasi bola voli atau pengurus voli di sini," kata juru bicara perempuan timnas voli Filipina kepada AFP.

Namun, terbatas laporan tersebut ditolak, karena Aprilia lolos memeriksa medis sebagai perempuan, sehingga bisa permainan pada pertandingan selanjutnya.


3 dari 5 halaman

Sering Dipertanyakan


*

Perbesar
Pemain nol voli Indonesia Aprilia Manganang. (foto: https://www.instagram.com/manganang92)
Ternyata, bukan just di arena internasional saja statusnya gender April dipertanyakan. Di Liga nol Voli Indonesia (Livoli) 2011, tim Popsivo Polwan kapan itu juga mempertanyakan status April.

Saat itu, Popsivo mengingkari bertanding resisten Alko Bandung, klub April bermain, untuk hasil feminine test-nya belum keluar.

Kondisi ini bagian belakang terulang di Livoli 2013. Kali ini bank Jatim Surabaya dan Petrokimia Gresik yang melancarkan protes.

Tapi, semua memveto tersebut tak mungkin dikabulkan. Hasil tes medis selagi itu menyebutkan types kelamin Aprilia adalah wanita dan diperkenankan membela tim voli putri.


4 dari 5 halaman

Kelainan Reproduksi


*

Perbesar
Seperti telah diberitakan sebelumnya, major Staf Angkatan Darat (KSAD) gene TNI Andika Perkasa mengatakan, Aprilia Manganang menderita kelainan reproduksi yang baru diketahui batin pemeriksaan tersebut.


5 dari 5 halaman

Organ types Kelamin Laki-Laki


*

Perbesar
Pevoli Putri Indonesia Aprilia S Manganang (oksavingmoney.com / Helmi Fithriansyah)
"Dari sasaran itu, ternyata bahwa dilihat dari urologi ternyata bahwa sersan Manganang lebih pribadi organ tipe kelaminan laki-laki, bahkan noël ada organ internal tipe kelamin wanita," katanya.

Lihat lainnya: Download Lagu Masih Ada Band Masih Adakah Cinta Mp3, Download Lagu Ada Band

"Hormonal juga begitu, hormon normal, testosteronnya tambahan diukur sehingga secara faktual dan ilmiah untuk kita yakin Manganang lebih memiliki hormonal kategori tangga laki-laki. Kebijakan aturan radiologi IMR menyatakan hal apa sama," Andika menandaskan.


Kredit
Bagikan
172

Rekomendasi


*

20 Oktober 2021: 241,5 million Kasus COVID-19 di Dunia, Filipina Terparah di ASEAN


*

FOTO: Menikmati beranjak Pekan di Pantai setelah Filipina Longgarkan Pembatasan


*

FOTO: Kasus COVID-19 Turun, Filipina Longgarkan Pembatasan


*

VIDEO: Mengerikan! Ada garis Besar Bergelantungan di Area Pasar


*

Peraih Nobel Perdamaian 2021 Maria Ressa nilai Jurnalisme modernis Bergantung di ~ Teknologi


*

Sempat Bengong, Reaksi pertama Maria Ressa Saat dimenangkannya Nobel Perdamaian 2021


*

Badai tropis Kompasu Picu membanjiri dan negara Longsor di Filipina, 9 rakyat Tewas


*

Profil Maria Ressa, Jurnalis Filipina yang Raih Nobel Perdamaian 2021


*

Kondisi langka Gadis 16 lima Asal Filipina, 4 Kali shine Lebih perilaku dari Usianya


*

TOPIK POPULER


BOLA GANJIL


Populer

Lihat Semua

Berita Terkini

Lihat Semua