Manusia noël pernah luput dari kesalahan. Karena itu islam mengajarkan setiap manusia karena saling memaafkan. Allah SWT memuliakan orang apa besedia pengampunan kesalahan setiap orang lain. Bahkan, Allah siap menyiapkan banyak sekali pahala unttuk rakyat tersebut.

Anda sedang menonton: Ayat alquran yang menjelaskan tentang saling memaafkan

Selain itu, suka pengampunan merupakan salah satu sifat Rasulullah SAW. Beliau selalu memaafkan orang apa membenci dan menyakiti perasaannya.

Ternyata, di di dalam Al-Quran, kawanan sekali ayat yang bertebaran soal indahnya sifat ampun ini. Jika kamu rajin membacanya, harapan bisa dulu nasehat karena kita segenap agar pribadi akhlak yang baik serta memiliki sifat pemaaf.

Berikut banyak ayat Al-Quran bermakna memaafkan apa bisa praktek di kehidupan sehari-hari.


*
ilustrasi surat Al Quran (unsplash.com/Aqwam Jembatan Ilmu)

Pada ayat berikut, Allah SWT keluar bahwa Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi orang-orang yahudi di zaman sebelum janganlah saya baik-baik saja khawatir, tetapi hendaklah memaafkan kesalahan-kesalahan apa pernah mereka lakukan. Pada kenyataannya Allah bagus orang-orang apa berbuat baik. Kemudian ayat di bawah ini.

Fa bimā naqḍihim mīṡāqahum la"annāhum wa ja"alnā qulụbahum qāsiyah, yuḥarrifụnal-kalima "am mawāḍi"ihī wa nasụ ḥaẓẓam mimmā żukkirụ bih, wa lā tazālu taṭṭali"u "alā khā`inatim min-hum illā qalīlam min-hum fa"fu "an-hum waṣfaḥ, innallāha yuḥibbul-muḥsinīn

Artinya: (Tetapi) buat mereka melanggar janjinya, kami kutuki mereka, dan kalian jadikan trần mereka sulit membatu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari maafkan saya yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan anda kecuali sedikit diantara mereka (yang noel berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sebenarnya Allah bagus orang-orang apa berbuat baik.


*
ilustrasi ayat bermusim Al Quran (unsplash.com)

Pada ayat ini mengajarkan dan dilatih kaum muslim agar dapat berlapang dada, shang memaafkan, dan berjiwa besar di dalam menghadapi segala sesuatu di hidupnya. Sebabnya ialah buat Allah yang akan memberikan pembalasan yang setimpal kepada mereka apa sesuai menjangkau perbuatannya.

Qul lillażīna āmanụ yagfirụ lillażīna lā yarjụna ayyāmallāhi liyajziya qaumam bimā kānụ yaksibụn.

Lihat lainnya: Meng Apa Yang Dimaksud Dengan Lingkungan Hidup Dan Kehutanan

Artinya: Katakanlah kepada orang-orang yang beriman hendaklah mereka memaafkan orang-orang apa tiada takut hari-hari Allah buat Dia ini adalah membalas sesuatu kaum terhadap apa yang telah mereka kerjakan.