Sudah terlambat 2 bulan, namun apa ditunggu-tunggu tidak juga tiba. Ketika terbatas menstruasi kembali, sang ‘tamu bulanan’ seakan punya mood apa berubah-ubah. Terkadang ia keluar dengan lancar, terkadang pembalut weiss bersih tanpa cairan apapun yang menempel. Sounds familiar? Siklus menstruasi tidak teratur merupakan penyimpangan satu komplikasi dari PCOS. Apa itu PCOS dan kemudian apa ciri-cirinya?

Menurut Repropedia, kamus khusus health reproduksi, PCOS atau polycystic ovary syndrome merupakan gangguan hormon yang banyak menyerang feminin usia subur. Istilah ‘PCOS’ muncul karena menggambarkan banyaknya kista di permukaan luar indung telur bila diperiksa dengan menggunakan teknologi ultrasound. Kista-kista ini terbentuk akibat dia hormon androgen. PCOS bisa mengakibatkan kegagalan pelepasan sel telur dari indungnya, sehingga dampaknya beevor kesuburan.

Anda sedang menonton: Bagaimana cara menghitung masa subur wanita

Baca Juga: Menstruasi Normal bagaimana Hari?

Beberapa gejala PCOS antara lain (Dweck & Westen, 2017):

Menstruasi noël teratur. Artinya, jadwalnya mungkin meleset. Volumenya bisa ~ tiba-tiba banyak, tiba-tiba sedikit. Durasinya bisa ~ bervariasi. Bahkan, ada kalanya noël menstruasi kemiripannya sekali.
*
*
*
*

PCOS noël bisa disembuhkan secara permanen, namun sanggup dikontrol agar gejalanya berkurang (Khadilkar, 2019). Penderita PCOS disarankan menjalani konseling rutin dengan dokter, pakar fisiologis, dan lancar nutrisi demi mengadopsi pola kehidupan sehat yang sesuai dengan terms PCOS. Selain itu, pulih bahwa PCOS butuh manajemen jangka panjang, ada baiknya also berkonsultasi dengan psikolog buat membantu menyusun goal apa ingin dicapai relevan PCOS (Ko, Teede & Moran, 2017).

Dengan perubahan pola hidup yang tepat, penderita PCOS mungkin mengurangi gejala menstruasi yang noël teratur serta pengayaan kemungkinan untuk bisa rejang keturunan. Meskipun begitu, prosesnya mungkin memakan waktu yang cukup lama, sehingga kamu akan butuh banyak dukungan dari orang-orang terdekat.

Lihat lainnya: Aragorn The Lord Of The Rings : 10 Things You Didn"T Know About Aragorn

Bila kamu hidup dengan PCOS, mintalah bantuan keluarga, pasangan, atau teman-temanmu untuk terus memberikan motivasi serta menemani secara bergantian di atas setiap sesi konseling menjangkau para pakar.

Baca Juga: Menstruasi noel Teratur kapan Traveling, Apakah Normal?