Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam overhead Rasulullah dan keluarganya.

Anda sedang menonton: Bagaimana cara supaya dosa syirik diampuni

Penanya yang Allah rahmati, syirik adalah lawan dari tauhid. Noël akan megging tauhid sehingga bersih dari syirik. Siapa yang berlepas diri dari segala sesuatu yang disembah selain Allah dan mentauhidkan Allah mencapai beribadah kepada-Nya semata maka sungguh ia telah berpegang teguh menjangkau tali yang sangat kokoh, yaitu kalimat Laa Ilaaha Illallah.

Allah Subahanahu wa Ta"ala berfirman,

فَمَن يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِن بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰلَا انْفِصَامَ لَهَا

Karena menyertainya barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang noël akan putus.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Syirik adalah deviasi satu dosa terbesar apa sangat dimurkai Allah. Allah mengharamkan ampunan dan wajibkan neraka bagi orang yang sekarat sebagai musyrik. Juga Allah hapuskan seluruh amalnya dan dan haramkan masuk nanti surga.

Sekali lainnya ini bagi orang apa mati membawa dosa syirik ini. Ia noël bertaubat silam matinya.

Adapun apa yang masih hidup dan menyadari dosa syirik yang telah dikerjakannya maka masih tergantung pintu taubat baginya.

Allah Subahanahu wa Ta"ala berfirman,

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعاً إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku apa melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, jangan lakukan itu kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sebetulnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Zumar: 53)

Ayat ini berbicara tentang pelaku dosa di dalam hukum dunia, such kabar gembira bagi pembunuh itu maksiat bahwa ia masih luaran kesempatan karena diampuni dosa jika bertaubat sebelum wafat. Bukan hanya dosa yang kategorinya maksiat saja, ~ syirik pun masih ada kesempatan mendapat ampunan jika bertaubat dahulu wafat. Untuk Allah menyebutkan, "Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya."

Bagaimana bertaubat dari dosa syirik?

Bertaubat dari dosa syirik sebagaimana taubat dari dosa-dosa selainnya, secara umum, pelakunya menyesali mencapai sungguh-sungguh perbuatan syirik apa telah dikerjakan. Ini yang pertama. Kedua, ia tinggalkan segala bentuk kesyirikan. Ketiga, bertekad noël akan mengulangi dosa menyertainya selama-lamanya. Keempat, meminta ampun kepada Allah atas dosa-dosa apa telah dikerjakannya. Kelima, mengikutinya mencapai amal shalih.

Lihat lainnya: Apakah Hari Ini Taman Mini Buka Tiga Anjungan Wisata, Ini Syarat Masuknya

Rasulullah Shallallahu "Alaihi Wasallam telah mengajarkan doa perlindungan dari kesyirikan apa diketahui dan minta memaafkan dari dosa syirik yang noel diketahui. Yaitu,

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَ بِك وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ

"Ya Allah, sebenarnya aku penampungan kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon pengampunan kepada-Mu terhadap kesyirikan yang noël aku ketahui." (HR. Ahmad, al Thabrani dan lainnya)

Intinya, jangan putus asa dari rahmat Allah setelah terjerumus usai dalam dosa besar. Allah Maha pengampun dan penyayang. Maka bertanya tentang ampunan dan bertaubat kepada-Nya. Sebenarnya orang apa bertaubat kemudian orang yang noël berdosa. Wallahu A’lam.