Sumber energies terbesar di hayatnya ini adalah matahari. Hanya organisme autotrof yang dapat penangkap dan memanfaatkan energies matahari tersebut karena fotosintesis.Organisme autotrof alter energi matahari were gula dan oksigen. Itulah sebabnya organisme autotrof disebut such produsen yang menyediakan energi di dalam bentuk pakan bagi konsumer I.Selanjutnya energi tersebut dimanfaatkan melalui konsumer II, konsumer III, konsumer IV dan berkahir di pengurai. Dengan demikian terjadi aliran energi dari matahari ke produser, konsumer dan berakhir di pengurai.Tersedianya energi batin bentuk zat memberi makan itu menimbulkan tangani itu makan dan dimakan. Tangani itu makan dimakan itu dapat digambarkan dalam bentuk rantai pakan dan jaring-jaring makanan. Selain energi dalam bentuk makanan, tubuh organisme juga memerlukan air, oksigen dan mineral.Munculnya jaring-jaring memberi makan diawali terjadinya tangani itu perputaran zat dari tubuh organisme menuju tanah dan reaksi-reaksi kimia. Tangani itu perputaran zat tersebut dinamakan daur biogeokimia.Berdasarkan bertindak termodinamika, energi noël dapat diciptakan dan noël dapat dimusnahkan. Tindakan tersebut tambahan menyatakan bahwa energi dapat berubah bentuk dari satu bentuk kebentuk lainnya.Mahluk hidup noel dapat menciptakan dan memanfaatkan energi itu dan mengubahnya batin bentuk lain. Di dalam ekosistem, energi itu mengalir dari matahari hingga ke pengurai. Di dalam memanfaatkan energies itu mahluk lives mengubahnya setelah dalam bentuk makanan.
*
Aliran energi di kehidupan
PROSES ALIRAN ENERGIProduser mendapatkan energi dari cahaya matahari karena menyusun zat organik. Energi itu digunakan karena menyusun gula. Jadi, energi diubah dari energi cahaya were energi kimia.Selanjutnya, energies kimia berpindah usai konsumer 1, lalu kosumer II, nanti konsumer III dan seterusnya. Mencapai kata lain energies mengalir dari matahari usai produser, ke konsumer I, nanti konsumer II, dan usai konsumer III. Inilah yang dinamakan aliran energi di batin ekosistem.Aliran energies ini berakhir di dekmposer. Di dalam proses penguraian, energi dilepaskan batin bentuk panas kemudian tersebar ke lingkungan dan noël dapat dimanfaatkan lagi.Jika hewan memakan tumbuhan maka energies tersebut berpindah dari tumbuhan ke hewan. Di batin tubuh hewan tersebut energi akan tangan kedua untuk:1. Disimpan batin bentuk glikogen ataukah persenyawaan lain.2. Garis tubuh3. Menanggapi rangsang4. Bergerak5. Berkembang biak6. Berubah batin bentuk panas berbadan dan dilepas nanti lingkungan7. Disimpan batin bentuk jaringan tubuhPada setiap tingkatt trofik, energi yang dilepaskan usai lingkungan dalam bentuk panas dapat mencapai 90%. Enim hanya 10% dari kasar energi itu apa dimanfaatkan buat kehidupan. Prinsip semakin jauhnya energi menemani itu dari sumbernya maka semakin kecil jumlah alirannya.Hal ini dikarenakan buat ada energi yang hilang batin bentuk panas riak yang noël dapat digunakan lagi. Kata lainnya, di batin ekosistem ini terjadi limbah energi. Artinya energi noël dapat didaur ulang.Salah satu sifat secara signifikan dari energi adalah "energi noel dapat berubah dari satu bentuk usai bentuk lain".


Anda sedang menonton: Bagaimana proses aliran energi dalam ekosistem berlangsung


Lihat lainnya: Apa Manfaat Jika Kamu Mendengarkan Ceramah ? Apa Manfaat Jika Kamu Mendengarkan Ceramah

Perubahan bentuk menyertainya dikenal sebagai transformasi energi.Mahluk lives mampu does transformasi energi misalnya dari energi guladiubahmenjadi lemak atau protein then disimpan di dalam jaringan tubuh, atau diubah were energi gerak. Baca juga:
Rangkuman materi kelas 11 sel