Materi ini adalah progresif dari materi sebelumnya apa kamu sanggup pelajari di manusia Praaksara Indonesia
1. PengantarPraaksara adalah sebuah masa ketika manusia belum mengenal kegiatan tulis-menulis. Manusia yang hidup di ~ masa menyertainya disebut also manusia purba. Umat ​​manusia purba lives secara sederhana. Mereka hidup secara berpindah-pindah, kemudian mengalami development secara bertahap were menetap dan memproduksi pakan sendiri.

Anda sedang menonton: Bagaimana tahap tahap kehidupan manusia pada masa praaksara


Perkembangan kehidupan social praaksara (prasejarah) berlangsung malalui beberapa tahap. Tahap-tahap dalam perkembangan hayatnya dibagi were masa berburu dan dikumpulkan makanan, masa defisit tanam dan masa perundagian.
Sebelum mempelajari materi ini lebih lanjut, simak terlebih sebelum ilustrasi kehidupan sosial praaksara berikut ini:
Click here Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL --Selamat Belajar-- Click di sini Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL
2. Brainstorming Game temukan Word Tahap Kehidupan sosial PraaksaraUntuk menajamkan pemahamanmu batin pembelajaran kali ini, silahkan ikuti play ini. Selamat bermain.3. Masa Berburu dan mengumpulkan Makanan
*

Masyarakat di atas masa berburu dan mengumpulkan papan masih mendesak bergantung pada alam lingkungan. Mereka berburu hewan, menangkap ikan, mencari kerang dan siput di laut ataukah sungai.
Mereka also mengumpulkan umbi-umbian, daun-daunan, dan biji-bijian di lingkungannya mereka. Mereka produksi tempat penampungan dari daun-daunan seperti tempat tinggal mereka. Di atas perkembangan berikutnya mereka menghuni gua-gua. Tempat apa dipilih adalah tempat apa dekat dengan sumber air atau sungai.
*

Click di sini Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL --Selamat Belajar-- Click di sini Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL
*

Pada masa ini, social prasejarah masih kehidupan berpindah-pindah (nomaden). Susunan social terbagi menjadi beberapa doan dengan pembagian kerja apa jelas. Kaum lelaki bertugas berburu hewan, kaum perempuan bertugas dikumpulkan makanan. Setelah api ditemukan kaum perempuan bertugas memelihara api agar militer menyala.
*

Click di sini Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL --Selamat Belajar-- Click di sini Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL
*

Masyarakat prasejarah sudah mampu making alat-alat sederhana yang masih kasar. Alat itu digunakan untuk berburu dan meramu makanan. Alat batu tersebut berciri paleolitik. Seni cat, dll mulai dikenal usai mereka membukukan di batin gua. Cat, dll di dalam gantung menggambarkan manusia batin berbagai kegiatan, binatang, matahari, cap tangan, dan bangunan geometris. Corak kepercayaan tampak dari cat, dll dan penguburan. Gambar dinding bertaruh mengungkapkan kepercayaan social prasejarah ini adalah kekuatan magis.
*
Jejak umat ​​manusia Praaksara di king Ampat, Papua
4. Masa ledakan Tanam dan Beternak
a. Hayatnya EkonomiPada masa ledakan tanam, masyarakat prasejarah noel lagi ketergantungan dengan alam lingkungan. Kebutuhan akan papan dipenuhi dengan cara berladang dan berternak. Mereka beternak ayam, kerbau, dan babi, serta memelihara anjing. Selain buat dimakan, hewan ternak digunakan kemudian binatang korban. Meskipun telah bercocok tanam, perburuan binatang di hutan sesekali firmicutes dilakukan. Kebutuhan secara spasial tinggal dipenuhi dengan untuk membuat rumah mudah dan small beratapkan daun-daunan. Development berikutnya rumah lebih besar dan dibangun pada tiang-tiang untuk menghindari banjir dan serangan binatang buas. Rumah dibangun berdekatan dengan ladang. Masyarakat di masa ini telah mengenal berdagang barter.
*
Ilustrasi Kehidupan masyarakat Praaksara di atas Masa bercocok Tanam dan Beternak
b. Kehidupan Sosial
Masyarakat telah menetap dalam perkampungan sederhana. Masyarakat tersusun menurut doan bertani. Pembagian merencanakan semakin jelas. Pekerjaan apa memerlukan banyak tenaga dilakukan melalui kaum laki-laki, seperti membuka hutan, menyiapkan ladang buat ditanami dan building rumah. Kaum wanita bertugas menabur benih, perawat rumah dan diproses pekerjaan rumah tangga lainnya.
*
Ilustrasi pergerakan sama dan mutualisasi royong siap dilakukan oleh manusia praaksara saat zaman defisit tanam dan beternak. Tampak ada apa memanen dan menggembalakan ternak.Sumber: https://sumberbelajar.seamolec.org/
c. Kehidupan Budaya

Pada masa ini masyarakat makin mahir membuat alat-alat apa lebih halus. Alat batu yang dihasil modernkan bersifat neolithik. Selain alat batu, sosial prasejarah telah mampu membuat tool rumah tangga dari clay seperti gerabah.
Mereka tambahan telah membuat jeumpa dari batu peluang dan kulit kerang. Bangunan megalitik diperlukan untuk kegiatan apa berhubungan menjangkau kepercayaan. Corak kepercayaan tampak dari benda-benda jimat, penguburan, dan bangunan megalitik.
5. Masa Perundagian
a. Kehidupan EkonomiPada masa perundagian kemungkinan manusia di dalam kegiatan ekonomi semakin maju. Aktivitas ekonomi makin beraneka ragam diantaranya pertanian, peternakan, membuat keranjang, membuat gerabah, bepergian usai tempat-tempat lain untuk menukar goods yang noel dihasilkan di desa secara spasial tinggalnya. Kebutuhan ini adalah tempat membukukan dipenuhi dengan bangunan pedesaan apa teratur. Mereka kolonisasi di daerah pegunungan, dataran rendah, dan tepi pantai.Manusia sudah mulai mengenal peleburan timah dan benih logam untuk keperluan membuat alat yang lebih canggih. Dalam melakukan pelayaran juga telah diterapkan aset berlayar dengan kapal bersayap.
*
Ilustrasi hayatnya Masyarakat diatas Masa PerundagianSumber:http://sejarahhits.blogspot.com/
b. Hayatnya Sosial

Pada masa perundagian kehidupan sosialnya sudah mengenal sistem kemasyarakatan apa sudah teratur. Masyarakat hidup diikat malalui norma-norma dan nilai. Norma-norma dan nilai-nilai ini diciptakan oleh mereka sendiri, disepakati dan dijadikan pegangan dalam menjalankan kehidupannya.Sebagaimana layaknya di dalam suatu aset kemasyarakatan, di atas masa ini cantik ada pemimpin dan ada masyarakat yang dipimpin. Struktur ini terbukti dengan adanya penemuan alat-alat karena penguburan. Kuburan-kuburan apa ada terdapat kuburan apa diiringi dengan berbagai bekal bagi mayat. Design kuburan ini diperkirakan hanya untuk para pemimpin.c. Hayatnya Budaya
Di masa perundagian, masyarakat telah keaslian membuat tool yang keuntungan teknologi. Alat yang kejahatan terbuat dari logam, yakni perunggu dan besi. Alat ini digunakan untuk bertani, bertukang, toolkit rumah tangga dan perlengkapan upacara. Possibilities kesenian ditunjang malalui teknologi dan spesialisasi dalam masyarakat. Munculnya golongan undagi/pengrajin menyumbangkan munculnya golongan seniman. Kepercayaan social prasejarah dari masa ini rejang kepercayaan masyarakat dari masa sebelumnya, menjangkau aturan yang semakin jernih dan ketat, serta ada hukuman terhadap pelanggaran tertentu.
*
Nekara adalah penyimpangan satu peninggalan masa perundagian. Nekara ini ditemukan di Desa Pejeng, Gianyar - Bali.Sumber:https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/
6. Rangkuman
Corak kehidupan masyarakat di atas masa berburu dan meramu adalah hidup berpindah-pindah (nomaden) dan berkelompok. Peninggalan masyarakatnya pun masih sederhana, misalnya kapak genggam atau tool serpih apa berukuran kecil. Saat masa peledakan tanam, umat ​​manusia purba mulai menetap dan mampu memenuhi kebutuhannya dengan menggarap lahan dan berternak. Mereka tambahan sudah mampu menyimpan makanan. Knowledge mereka meningkat sesuai dengan temuan masa itu, yaitu gerabah. Saat masa perundagian komunitas telah terampil melakukan jenis-jenis usaha tertentu. Misalnya terampil di dalam pembuatan rumah dan pandai di dalam pembuatan perkakas dari jernih logam. Mereka juga telah mengenal asetnya perdagangan (barter) dan pelayaran.7. Latihan Soal: Tahap-Tahap Kehidupan social PraaksaraTugas ini sanggup kamu kumpulkan nanti gurumu nanti kamu selesai bekerja pada ada tombol geser buat mengirim meniru tanggapan ini,lalu kamu klik kirim, maka meniru tanggapan become terkirim ke emailmu sendiri. Meniru tersebut berupa sasaran jawabanmu apa bisa kamu maju (teruskan) setelah email gurumu, mencapai cara membuka emailmu lalu forward usai email gurumu, sehingga gurumu bisa mengoreksi dan menilai tugasmu. Selamat bekerja!8. Penilaian dan Refleksi PembelajaranEvaluasi dan refleksi ini bisa ~ kamu kumpulkan nanti gurumu setelah kamu selesai diperkerjakan ada tombol geser karena mengirim meniru tanggapan ini, lalu kamu klik kirim, maka meniru tanggapan akan terkirim ke emailmu sendiri. Meniru tersebut berupa sasaran jawabanmu apa bisa kamu forward (teruskan) usai email gurumu, menjangkau cara membuka emailmu lalu forward ke email gurumu, sehingga gurumu bisa ~ mengoreksi dan menilai tugasmu. Terimakasih telah belajar bersama Studi Ilmu Sosial.
Click di sini Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL --Selamat Belajar-- Click di sini Youtube Channel: STUDI ILMU SOSIAL
Tahap Kehidupan sosial Praaksara Word temukan Puzzle » ProProfs
DAFTAR PUSTAKA
Kurnia, Anwar. 2016. IPS Terpadu SMP Kelas VII. Jakarta: Yudhistira.
Manusia Purba Masa Perundagian, di dalam http://sejarahhits.blogspot.com/. Download: Jumat, 10 April 2020.
Rekam Jejak Peradaban Indonesia, batin https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/. Download: Jumat, 10 April 2020.

Lihat lainnya: Arti Surat Al Fatihah Dalam Bahasa Inggris, Terjemahan Surat Al


Zaman Perundagian, batin https://sejarahorison.wordpress.com/zaman-perundagian/. Download: Jumat, 10 April 2020.
Jika anda merasa materi pembelajaran ini bermanfaat silahkan copy dimana saja dan mohon kerelaannya untuk mencantumkan connect berikut ini: https://www.oksavingmoney.com/ dan/atau www.youtube.com/c/oksavingmoney.com/