Menampilkankarya tari di dokter penonton dapat dilakukan secara tunggal, berpasangan, ataukelompok. Di atas Bab 2, kamu cantik mempelajari penampilan karya tari yangdilakukan secara tunggal. Diatas bab ini, kamu become mempelajari melihat karyatari apa diperagakan secara berpasangan dan kelompok. Dalam memperagakanbentuk karya tari, baik peragaan secara berpasangan maupun peragaan secarakelompok, diperlukan merencanakan sama antarpenari.


Anda sedang menonton: Bagaimanakah cara menampilkan tari kelompok yang benar

Taridaerah yang bentuknya berpasangan dilakukan melalui dua people penari atau pemeran.Kedua penari patuh memperagakan gerak apa berbeda. Namun, gerak yangdiperagakan menemani itu merupakan satu kesatuan yang utuh. Maksudnya, terwujudnyakeutuhan tari untuk daya ungkap gerak senin penari saling melengkapi dansaling mengisi.
Adadua macam tari berpasangan, yaitu tari berpasangan sejenis dan tari berpasangantidak sejenis. Tari berpasangan sejenis, yaitu karya tari berpasangan yangdiperagakan melalui dua people penari yang mengungkapkan dua peran wanita atau duaperan pria apa berlainan. Selanjutnya, tari berpasangan noel sejenis ataucampuran berarti karya tari berpasangan apa diperagakan melalui dua setiap orang penari.Penari yang satu mengungkapkan peran seperti wanita dan apa satunya lagimengungkapkan peran sebagai pria.
Suatutarian berpasangan tidak harus khasnya oleh pasangan (dua orang) penarisaja. Ada karya tari berpasangan yang ditampilkan melalui lebih dari satu pasangpenari, misalnya, tari Payung dari Sumatera. Namun, ada juga tari berpasanganyang selalu ditampilkan oleh dua orang penari. Tari berpasangan tersebutbiasanya apa menggambarkan dua people tokoh, misalnya, tari perang Arjunadengan Cakil dari Jawa. Adapun tari doan adalah bentuk tari quận yangsenantiasa dipergelarkan melalui lebih dari dua setiap orang penari menjangkau pengungkapanyang sama.
Kreasitari kelompok disusun berdasarkan gagasan atau ide yang telah dipilih dan dipertimbangkansecara sungguh-sungguh. Ciri major tari dicuri adalah homogen ungkapandari setiap penari. Jadi, kekuatan dari penyajian tari dicuri terletak padakesamaan ungkapan yang tertuang setelah dalam wujud tarian. Oleh karena itu, jikakamu menarikan tarian kelompok, kamu harus dapat bekerja sama, gotong royong,dan sepenanggungan menjangkau penari yang lain. Bab ini buat mewujudkankeharmonisan karya tari.
Perhatikanbeberapa contoh tari doan berikut! Pernahkah kamu dengar upacara sedekahlaut? Upacara semacam ini sering dilakukan oleh masyarakat di quenn pesisirpantai yang mata pencaharian utamanya seperti nelayan. Upacara ini bertujuanagar dalam melakukan pekerjaannya mereka diberi keselamatan dan tujuan yangmelimpah. Tari dicuri yang disusun berdasarkan gagasan dari kegiatan sedekahlaut adalah tari Larung Samudra. Tarian ini diperagakan melalui tiga rakyat penari.Sekarang, kronologi gerakan tari Larung Samudra berikut:
Penarimelakukan gerak mulailah berjalan usai depan. Kaki kanan loncatan ke dokter kemudiankaki kiri jinjit di samping feet kanan. Kedua tangan usai kanan. Feet kirimelangkah ke dokter kemudian kaki kanan jinjit di samping kaki kanan. Keduatangan nanti kiri.
Penarimelakukan gerak persembahan. Kedua feet jinjit dan kedua tangan digerakkanlurus usai atas. Badan merendah, senin tangan menyimpan properti di depan dada.


Lihat lainnya: Berikan Contoh Kegiatan Penghematan Air Secara Tepat, 7 Cara Sederhana Menghemat Air Di Rumah

*