Bagian-bagian otak dan fungsinya – Otak merupakan deviasi satu bagian apa penting batin tubuh manusia. Otak dulu pusat kontrol dan saraf bagi manusia sehingga bisa ~ beraktivitas secara normal. Tentu otak bisa berfungsi untuk adanya bagian-bagian dan komponen apa terus bekerja menjalankan fungsional masing-masing.

Anda sedang menonton: Bagian-bagian otak beserta fungsinya masing-masing

Secara umum, pemfitnahan fungsi otak yang paling esensial adalah seperti struktur tengah pengaturan saraf serta mempersiapkan proses berpikir dan bergerak manusia. Otak also penting di dalam mengatur hal-hal emosional sebagai perasaan, ingatan, emosi, wajar hingga persepsi.


Meski shine simple, namun otak merupakan potongan tubuh yang sangat complex dengan cara kerja yang tidak sederhana. Cara merencanakan otak pun dibagi dulu beberapa komponen apa ada. Tiap bagian pada otak memiliki struktur dan fungsional masing-masing apa berbeda.


*

Bagian-Bagian Otak

Berikut akan dibahas what saja fragmen otak pada manusia beserta fungsi, struktur, dan penjelasannya lengkap.

1. Otak besar (Cerebrum)

Otak geram merupakan potongan otak yang paling besar ukurannya. Nama lainnya adalah cerebrum. Permukaan luar otak geram disebut korteks serebri. Otak terlalu tinggi dibagi menjadi dua bagian, yakni otak kiri dan otak kanan. Kedua bagian disebut kemudian hemisfer sebelah kiri dan kanan.

Tiap bagian menyortir bagian tubuh apa berlawanan, belahan kiri menyortir tubuh bagian kanan dan sebaliknya. Potongan hemisfer ini dibagi lagi dulu bagian apa disebut seperti lobus.

Lobus frontalis (bagian depan), berfungsi mengendalikan pengaktifan dan memori, proses berpikir, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan mengontrol emosi.Lobus parietal (bagian atas), berfungsi mengendalikan menyentuh dan tekanan serta mengendalikan orientasi spasial ataukah pemahaman tentang ukuran, bentuk, dan arah.Lobus temporal (bagian samping), berfungsi mengendalikan indera pendengaran, ingatan, dan emosi serta dalam fungsi bicara.Lobus oksipital (bagian belakang), berfungsi mengendalikan fungsional penglihatan.

2. Otak kecil (Cerebellum)

Otak small disebut also sebagai cerebellum. Letaknya ada di potongan belakang, tepatnya under lobus oksipital. Fungsional otak kecil penting karena mengontrol keseimbangan, pergerakan, dan koordinasi sikap serta untuk kemampuan motorik dan koordinasi anggotaenam tubuh.

Secara umum, potongan otak kecil dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitui:

Spinoserebelum, berfungsi karena mengendalikan kemampuan otot dan gerakan tubuh.Vestibuloserebelum, berfungsi untuk mengendalikan dan menjaga parity pergerakan mata.Sereberoserebelum, berfungsi simpanan memori, does perencanaan, dan menginisiasi gerakan yang disadari.

3. Batang Otak

Batang otak merupakan bagian otak yang terdapat di dokter otak kecil. Bagian ini menyambung usai susunan saraf di tulang belakang. Batang otak disebut tambahan sebagai brainsteam.

Batang otak memiliki fungsi apa penting, karena ia bertugas untuk menyebarkan insula dari otak setelah seluruh tubuh. Batang otak kemudian dibagi lagi dulu 3 (tiga) potongan utama, yaitu:


Otak tengah, berfungsi karena mengatur pergerakan mata memproses informasi visual dan suara apa diterima melalui otak.Pons, berfungsi menghubungkan berbagai potongan otak, pergerakan wajah dan mengantarkan insula sensori ke otak.Medulla oblongata, berfungsi sebagai pusat menaikkan fungsi kardiovaskular dan paru-paru.

4. Aset Limbik

Sistem limbik merupakan bagian otak yang berhubungan dengan perasaan atau emosi manusia. Letaknya ada dibawah bagian otak besar. Dalam bagian ini, terdiri dari mayoritas komponen, di antaranya adalah talamus, hipotalamus, amigdala, dan hippocampus.

Talamus, berfungsi sebagai terminal transit untuk memproses dan memindahkan insula mengenai pergerakan sensor di otak.Hipotalamus, berfungsi mengontrol rasa lapar dan haus, arrange suhu berbadan dan tekanan darah, serta mengontrol siklus tidur.Amigdala, berfungsi karena mengolah ingatan, pengambilan keputusan, dan menjawab emosi. Hippocampus, berfungsi membentuk memori spasial dan navigasi serta form kenangan baru yang berhubungan dengan peristiwa yang telah dialami.

4. Ganglia basalis

Ganglia basalis merupakan potongan otak apa berupa sekelompok struktur apa mengelilingi sebagian dari talamus di otak. Fungsinya penting untuk mengatur pergerakan serta buat mengelola pesan untuk disampaikan atau dikirimkan antara beberapa bagian otak.

Bagian ganglia bazan ini also dihubungkan ke otak potongan tengah melalui dua komponen apa dinamakan red nuclei ataukah sel saraf berwarna merah, serta substantia nigra.

Selain fragmen di atas, ada also beberapa potongan otak lain apa memiliki fungsional masing-masing, yakni kemudian berikut:

Cairan serebrospinal, berfungsi menghilangkan produk limbah atau sisa metabolisme dari otak serta melindungi otak dan saraf tulang belakang.Meninges, berfungsi kemudian penutup dan pelindung otak serta saraf tulang belakang. Corpus callosum, berfungsi menghubungkan atau mengkomunikasikan antara kedua belahan otak kanan dan otak kiri.Kelenjar pituitari, berfungsi menghasilkan hormon buat mengatur dan merangsang kelenjar lain di tubuh karena bekerja.Kelenjar pineal, berfungsi dalam perkembangan seksual serta memproduksi hormon melatonin buat pola tidur.Ventrikel, berfungsi untuk menghasilkan cairan serebrospinal dan terdiri dari 4 (empat) ventrikel.Saraf kranial, berfungsi di dalam indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, ekspresi wajah, keseimbangan, dan mengendalikan otot-otot organ internal.

Lihat lainnya: Baju Rose Blackpink How You Like That, Pre Order Kostum Blackpink How You Like That

Nah itulah referensi pecahan otak beserta fungsi dan penjelasannya. Otak manusia memiliki berbagai komponen apa memiliki struktur dan fungsional masing-masing batin proses berpikir, menalar, bergerak, keseimbangan, dan lain-lain.