Mengenal Pakaian Adat secara tradisional Provinsi sumatera BaratJenis Pakaian Adat secara tradisional Provinsi sumatra Barat

Tulisan ini berisi penjabaran mengenai pakaian adat Sumatera barat dimulai dari penjelasan, biaya filosofi dan berbagai jenisnya.

Anda sedang menonton: Baju adat sumatera barat bundo kanduang

Guratgarut.com – Provinsi Sumatera west berbatasan mencapai empat buah provinsi lain seperti provinsi sumatera Utara, Riau, Jambi dan Bengkulu. Provinsi ini memiliki ibukota kota Padang dan juga sebagai rumah bagi sosial etnis kesukuan Minangkabau.


*
*
*
Sumber: fokusriau.com

Baju apa dianggap such baju kebesaran bagi para kaum wanita masyarakat Minang ialah baju lilampeh rumah nan gadang.

Lilampeh individu berarti ting tengah pada sebuah bangunan dan tempat memusatkan segala kekuatan pada tiang-tiang lainya.

Hal tersebut berarti bahwa wanita diatas masyarakat Minang merupakan tua- utama di dalam keluarga sosial minang, buat masyarakat Minang menggunakan warisan kekerabatan matrilineal.

Baca Juga: Pakaian adat Papua

Terdapat mayoritas bagian apa merupakan penyusun major dan aksesoris yang used dalam baju liilampeh rumah nan gadang, diantanya :

Baju Batabue

Baju batabua merupakan baju yang tangan kedua dan memiliki ciri khas pada pemakaian benang emas / ditaburi emas. Tabur emas ini luaran arti such kekayaan alam apa ada di Minangkabau.

Terdapat berbagai macam corak atau motif yang used sekarang, tetapi masih memiliki ciri khas adat kesukuan Minangkabau.

Minsie

Minsie merupakan bis tepi di dalam baju apa diberi imbuhan kain atau benang emas. Minsie ini mempunyai arti yang dapat menunjukan demokrasi di dalam tatanan sosial Minang yang begitu luas, tetapi masih batin batas aturan dan adat apa ada pada masyarakat Minang.

Tengkuluk

Tengkuluk atau tingkuluak merupakan hiasan penutup kepala yang sangat khas buat memiliki bentuk tanduk kerbau atau seperti perahu terbalik. Bentuk tersebut merupakan bentuk yang sama pada atap rumah adat provinsi sumatera Barat.

Lambak

Lambak atau sarung merupakan bawahan yang tangan kedua pada baju saat pemakaian baju lalimpeh baju nan gadang. Sarung ini memiliki cukup kawanan ragam sebagai ada apa bersongket ataupun ada also yang berikat. Dapat lengan baju bagian bawah badan sampai feet yang menunjukan kesan mendalam sopan saat dipandang.

Salempang

Salempang merupakan aksesoris yang terbuat dari bahan songket dan berfungsi sebagai selendang. Selendang ini digunakan pada pundak sang pemakainya dan pribadi arti bahwa feminin wajib pribadi rasa kasih bayi terhadap seluruh keturunanya.

Dukuah

Dukuah atau kalung yang merupakan aksesoris berupa jeumpa yang used dan memiliki macam yang cukup beragam.

Ada apa disebut kalung perada, daraham, cekik leher, kaban, manik pualam dan dukuh panyiaram. Dukuah sendiri luaran arti bahwa seorang lalimpeh selalu di dalam lingkaran kebenaran seperti kalung yang melingkar di atas leher sang pemakai.

Galang

Galang atau gelang merupakan perhiasan yang diletakan melingkar pada tangan apa digunakan untuk menjangkau dan mengerjakan segala sesuatu.

Gelang ini memiliki arti bahwa dalam hidup ini alles memiliki batas dan batin pengerjaan sesuatu harus disesuaikan di atas kemampuan apa dimiliki.

Penutup

Demikianlah penjelasan fullest mengenai pakaian adat provinsi Sumatera west dimulai dari penjabaran umum, ciri khas, makna, nilai filosofi dan jenis pakaian tersebut.

Lihat lainnya: 10+ Jenis Alat Pembayaran Yang Dapat Diterima Secara Internasional Adalah

Pakaian ini mempunyai crowd nilai-nilai filsofi yang kaya akan pengeluaran budaya dan adat masyarakat Minang, noël jauh variasi dengan pakaian adat Bali, kesamaan sama unik dan indah. Selain itu warisan nenek moyang ini harus selalu di lestarikan agar noel hilang dan punah.