Makassar - Indonesia kaya menjadi wastra dan pakaian adat nusantara. Deviasi satunya adalah Baju bodo milik Suku bugis di Makassar yang termasuk deviasi satu busana tertua.

Anda sedang menonton: Baju bodo adalah nama pakaian adat dari daerah


Dahulu Baju bodo dipakai tidak punya baju dalaman sehingga memperlihatkan lekukan badan bagian dalam dari pemakainya, apa selanjutnya dipadukan menjangkau sehelai sarung apa menutupi bagian pinggang usai bawah badan.


Seiring mencapai masuknya pengaruh Islam di menyiksa Makassar, baju ini pun mengalami perubahan. Busana transparan ini kemudian dipasangkan menjangkau baju dalaman berwarna sama, tapi lebih terang. Sedangkan busana bagian bawahnya berupa sarung sutera berwarna senada.

Baju bodo umumnya dikenakan banci dan mewakili kasta

Baju bodo memang pakaian tradisionalnya khusus buat perempuan yang dalam penggunaannya luaran aturan berdasarkan warna yang melambangkan tingkat usia dan kasta perempuan pemakainya.

Warna jingga untuk perempuan berusia 10 tahun, jingga dan merah darah karena perempuan berusia 10 sampai 14 tahun, merah darah buat perempuan berusia 17 sampai 25 tahun, warna putih dipakai para inang dan dukun, melukis hijau spesialisasi dipakai para puteri aristokrasi dan warna ungu dipakai malalui para janda.


Pakaian secara tradisional ini sering dipakai karena acara adat, kemudian upacara pernikahan. Hanya sekarang, penggunaan Baju bodo mulai meluas untuk berbagai kegiatan, misalnya lomba menari atau upacara penyambutan tamu-tamu kehormatan.

Lihat lainnya: Berat Badan Saat Melakukan Guling Belakang Dengan Awalan Berdiri Adalah ​

Meski belakangan ini semakin terpinggirkan asibe pengaruh busana-busana modern, tetapi di kampung-kampung Bugis yang jauh dari evolusi dan tren mode busana, Baju bodo masih dikenakan malalui para pengantin wanita saat upacara akad menikah dan menerima pernikahan, begitu juga dengan medang pengantin, pendamping mempelai dan para ranh ayu.


Simak video "Mimbar karyawan Raya Makassar Dibakar OTK, pelakunya Diidentifikasi!" (rdy/ddn)
*
Share 0
*
Tweet 0
*
Share 0
*
0 Komentar




paling POPULAR Ini Lho alasannya Inggris pertahanan Ribuan Telepon Umum Sunset Eksotis di kota Terkecil Indonesia Foto: "Pendakian Langit" bisa digoreng di world potret 2 Sungai Beda Warna apa Menyatu Mau hari libur Asyik? Ini 5 tempuh Kekinian apa Instagramable di champa