KOSTRATANI adalah markas besar kegiatan pembangunanpertanian tingkat kecamatan, apa merupakan optimalisasi tugas, fungsional dan peran Balai Penyuluhan tanah pertanian (BPP) dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Anda sedang menonton: Balai penyuluhan pertanian bpp

Tugas BPP dalam rangka meningkatkan produktivitas agraris dapat dilakukanantara lain menjangkau inovasi teknologi, sarana infrastruktur pertanian,peraturan perundang-undangan berasosiasi pertanian, diperoleh daya human pertanian.Peran Kostratani sebagai Pusat data dan informasi, sentral Gerakan pembangunan pertanian, tengah konsultasi agribisnis, tengah pembelajaran, dan sentral pengembangan jaringan kemitraan.

BPP merupakan institusi tanah pertanian terdepan di taraf lapangan, di kecamatan, setiap BPP dibagi usai dalam wilayah-wilayah pergerakan penyuluh pertanian. Penguatan fungsional dan peran BPP berarti memperkokoh pembangunan pertanian. Penguatan mencakup data dan informasi, SDM, sarana infrastruktur dan infrastruktur.

Lihat lainnya: Bibit Tanaman Hias Yang Cepat Tumbuh, Mendekorhemat (@Deco_Rep)

Hal yang most penting dalam meningkatkan produktifitas yaitu SDM pertanian, apabila SDM agraris berkualitas, maka produktivitas become meningkat lebih besar. KOSTRATANI adalah maju BPP di tingkat kecamatan dan pemberdayaan penyuluh dan petani untuk mendongkrak produktifitas pertanian. Programme strategis Kementerian Pertanian lima 2020-2024antara lainKostratani, KUR dan Gratieks. Kostratani yaitu optimalisasi tugas, fungsional dan peran Balai Penyuluhan pertanian (BPP) yang berbasis teknologi informasi.Pembangunan pertanian era 4.0 yaitu transformasi diganjar sektor agraris serta pengembangan dan pemanfaatan teknologi digital di bidang pertanian. Tantangan pertanian 4.0 yaitu peralatan agraris analog, keterampilan memanfaatkan media, infrastruktur telekomunikasi di pedesaan, keamanan data pertanian, manajemen huge data dan menyelesaikan data aplikasi pertanian. Challenge tersebut akan menjadi pilihan dengan menerapkan teknologi digitalisasi di sektor pertanian.Implikasi apa terjadi sebenarnya adanya transformasi peran BPP yaitu1) perubahan mendasar di bidang perencanaan data dan informasi; 2) data, program dan aktivitasnya ada di BPP; 3) seluruh agen memasukan data ke website BPP/rumah data BPP; 4) perencanaan program dan aktivitasnya berbasis wilayah/kecamatan; 5) diharuskan dashboard kekanseliran di level terbawah/kecamatan; dan BPTP seperti sekretariat utama dapat berperan such penganalisis programme dan aktivitas pembangunan agraris di wilayah.Kunci sukses pembangunan pertanian yaitu fokus, terpadu, sinergi, kolaborasi, data base, transparansi, tertelusur, terakses dan segenap itu didukung dengan adanya teknologi informasi apa baik.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/98633/optimalisasi-tugas-fungsi-dan-peran-balai-penyuluhan-pertanian-bpp-sebagai-kostratani-/