Kementerian agama telah divisi Embarkasi dan debarkasi Haji lima 2015 malalui KMA No. 17 lima 2015.

Anda sedang menonton: Bandara halim perdanakusuma hlpsebagai embarkasi dan debarkasi haji untuk wilayah


Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia embarkasi /em·bar·ka·si/ /émbarkasi/ n pemberangkatan dng pesawat terbang terbng atau kapal laut; keberangkatan: — saya adalah seorang haji dilakukan dr tempat-tempat yg siap ditetapkan (http://kbbi.web.id/embarkasi)
, sedangkan debarkasi /de·bar·ka·si/
/débarkasi/ n penurunan penumpang (muatan) dr kapal(http://kbbi.web.id/debarkasi)dapat ia mengatakan bahwa embarkasi dan debarkasi adalah secara spasial pemberangkatan dan pemulangan Jamaah haji dalam hal ini adalah Bandara apa ditunjuk.Embarkasi dan Debarkasi Haji lima 1436 H/2015 M kemudian berikut: .1. Pesawat terbang Internasional Sultan Iskandar bocah Banda Aceh (BTJ)sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji untuk wilayah ProvinsiAceh. – .2. Bandara Intemasional KuaJanamu Medan (KNO) sebagaiEmbarkasi dan Debarkasi Haji untuk wilayah Provinsi SumateraUtara.3. Bandara Intemasional gua Nadim Batam (BTH) sebagaiEmbarkasi dan Debarkasi Haji untuk wilayah Provinsi Riau,Provinsi islands Riau, Provinsi Kalimantan Barat, danProvinsi Jambi.4. Bandara Internasional Minangkabau Padang (PDOI sebagaiEmbarkasi dan Debarkasi Haji karena wilayah Provinsi SumateraBarat dan Provinsi Bengkulu.5. Bandara Internasional Sultan Mahmud badaruddin IIPalembang (PLM)sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji untukwilayah Provinsi sumatra Selatan dan Provinsi BangkaBelitung:6. Bandara lntema~ional Halim Perdanakusuma (HLP) sebagaiEmbarkasi dan Debarkasi Haji untuk wilayah Provinsi DKIJakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten, dan ProvinsiLampung.7. Bandara Internasional Adisumarmo Solo (SOC) sebagaiEmbarkasi dan Debarkasi Haji untuk wilayah Provinsi JawaTengah dan Provinsi quenn Istimewa Yogyakarta.8. Pesawat terbang Internasional Juanda Surabaya (SUB) sebagaiEmbarkasi dan Debarkasi Haji untuk wilayah Provinsi JawaTimur, Provinsi Bali, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.9. Pesawat terbang Internasional Sultan Aji Muhammad SulaimanBalikpapan (BPN)sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji untukwilayah Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Tengah,dan Provinsi Sulawesi Utara.10. Pesawat terbang Intemasional syamsuddin Noor banjarmasin (BDJ)sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji buat wilayah ProvinsiKalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah.11. Bandara Internasional Hasanuddin Makassar (UPG) sebagaiEmbarkasi dan Debarkasi Haji untuk wilayah Provinsi SulawesiSelatan, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara,Provinsi GorontaJo, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara,Provinsi Papua, dan Provinsi Papua Barat.12. Bandara Intemasional Lombok (LOP) such Embarkasi danDebarkasi Haji untuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara BaratDonwload : KMA 17 2015 Embarkasi dan Debrkasi
Tinggalkan komentar
Fiqih Haji : tindakan dan SyaratHaji
23 Februari 2015 Haji Mojokerto
*

Hukum Haji

Hukum haji adalah fardhu ‘ain, wajib bagi setiap muslim apa mampu, wajibnya sekian seumur hidup. Haji merupakan bagian dari rukun Islam. Mengenai wajibnya haji telah disebutkan di dalam Al Qur’an, as Sunnah dan ijma’ (kesepakatan para ulama).

1. Dalil Al Qur’an

Allah Ta’ala berfirman,

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Mengerjakan haji adalah kewajiban human terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup pengintai perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa memahami (kewajiban haji), maka sebenarnya Allah Maha kerajaan (tidak meminta sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imron: 97).

Ayat ini adalah dalil tentang wajibnya haji. Kalimat dalam ayat tersebut keuntungan kalimat perintah apa berarti wajib. Keberpihakan ini dikuatkan lagi pada akhir ayat (yang artinya), “Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sebetulnya Allah Maha kerajaan (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”. Di sini, Allah menjadikan lawan dari kewajiban dengan kekufuran. Artinya, meninggalkan haji bukanlah başı muslim, namun perilaku non muslim.

2. Dalil as Sunnah

Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi noël ada sesembahan apa berhak disembah selain Allah dan mengaku Muhammad adalah utusan-Nya, menaikkan shalat, menunaikan zakat, berhaji dan berpuasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16).

Hadits ini demo bahwa haji adalah bagian dari rukun Islam. Ini berarti demonstrasi wajibnya.

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

« أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ فَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ الْحَجَّ فَحُجُّوا ». فَقَالَ رَجُلٌ أَكُلَّ عَامٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَسَكَتَ حَتَّى قَالَهَا ثَلاَثًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لَوْ قُلْتُ نَعَمْ لَوَجَبَتْ وَلَمَا اسْتَطَعْتُمْ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkhutbah di tengah-tengah kami. Beliau bersabda, “Wahai sekalian manusia, Allah telah berkomitmen haji bagi kalian, maka berhajilah.” karena itu ada apa bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah setiap lima (kami mesti berhaji)?” Beliau lantas diam, sampai rakyat tadi meminta hingga tiga kali. Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Seandainya aku mengatakan ‘iya’, maka tentu saja haji menjadi diwajibkan bagi kita setiap tahun, dan belum tentu kalian sanggup” (HR. Muslim no. 1337). Sungguh banyak sekali hadits yang menyebutkan wajibnya haji hingga mencapai derajat mutawatir (jalur yang amat banyak) sehingga kita dapat memastikan hukum haji akun itu wajib.

3. Dalil Ijma’ (Konsensus Ulama)

Para ulama pun saya setuju bahwa tindakan haji menyertainya wajib terlalu banyak seumur hidup bagi yang mampu. Kelewat kewajiban haji implisit perkara al ma’lum minad diini bidh dhoruroh (dengan sendirinya sudah diketahui wajibnya) dan apa mengingkari kewajibannya pidato kafir.

Syarat wajib HajiIslamBerakalBalighMerdekaMampu

Kelima syarat di ~ adalah syarat yang disepakati melalui para ulama. Sampai-sampai Ibnu Qudamah dalam Al Mughni berkata, “Saya noël mengetahui ada khilaf (perselisihan) di dalam penetapan syarat-syarat ini.” (Al Mughni, 3:164)

Catatan:

Seandainya anak small berhaji, maka hajinya sah. Namun hajinya tersebut dianggap haji tathowwu’ (sunnah). Jika cantik baligh, ia masih firmicutes terkena tanggung jawab haji. Halaman ini berdasarkan kesepakatan para ulama (baca: ijma’).Syarat mampu bagi laki-laki dan feminin adalah: (a) mampu dari sisi bekal dan kendaraan, (b) sehat badan, (c) jalan jenuh rasa aman, (d) mampu melakukan perjalanan.Mampu dari sisi bekal mencakup thừa dari tiga kebutuhan: (1) nafkah bagi keluarga apa ditinggal dan apa diberi nafkah, (2) kebutuhan familic berupa angkasa tinggal dan pakaian, (3) penunaian utang.Syarat mampu apa khusus bagi wanita adalah: (1) menempel suami atau mahrom, (2) noël berada batin masa ‘iddah.Syarat Sah HajiIslamBerakalMiqot zamani, artinya haji dilakukan di waktu tertentu (pada bulan-bulan haji), noël di times lainnya. ‘Abullah bin ‘Umar, mayoritas sahabat dan ulama sesudahnya berkata bahwa times tersebut adalah bulan Syawwal, Dzulqo’dah, dan sepuluh aku (pertama) dari bulan Dzulhijjah.Miqot makani, artinya haji (penunaian rukun dan delegasi haji) dilakukan di angkasa tertentu apa telah ditetapkan, noel sah dilakukan ruang angkasa lainnya. Wukuf dilakukan di daerah Arofah. Thowaf dilakukan di sekeliling Ka’bah. Sa’i dilakukan di cara antara Shofa dan Marwah. Dan seterusnya

Sumber : http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/hukum-dan-syarat-haji.html


Tinggalkan komentar
UPDATE : estimasi Nomor porsi Keberangkatan2015
20 Februari 201520 Februari 2015 Haji Mojokerto

UPDATE diperkirakan 2015 (per 18 Februari 2015)

1300343858 sampai dengan 1300371689

Yang tersirat nomor porsi 2015 langsung mengirim pembuktian setoran awal BPIH , KTP yang masih belaku dan lukisan 4 x 6 3 lembar 3×4 7 lembar, dimasukkan ke map.

Kirim setelah Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Kantor Kementerian agama Kab. Mojokerto

1. Jamaah haji profil permohonan pembatalan usai Kemenag Kab/ Kota.2. Menerima pengajuan dan ujian kelengkapan berkas mencapai : Memberikan tanda tangan terima proses pembatalan kepada calon saya adalah seorang hajibatal. Untuk membuat surat pengantar dan meneruskan kepada Kanwil KemenagProvinsi dilengkapi mencapai dokumen lainnya. Suratnya pengantarditandatangani oleh Kakemenag / pejabat lain yang ditunjuk.3. Kanwil Kemenag Provinsi melakukan konfirmasi membatalkan dan mengirim suratpembatalan kepada Dirjen PHU cq Direktorat Pelayanan Haji.4. Resepsi surat pengantar kanwil dan melakukan verifikasi, making suratpengantar dan nominative usai Direktorat pengelolaan Dana Haji setelahmengkonfirmasi pembatalan nanti dalam SISKOHAT.5. Mentransfer dana BPIH batal setelah rekening calon saya adalah seorang haji batal melalui BPSBPIH secara spasial setor awal jemaah, terdekat dikonfirmasi ke dalam SISKOHAT6. Berkomunikasi Dana BPIH menebang kepada calon jemaah haji menjajakan danmengkonfirmasikan usai dalam SISKOHAT.7. Memastikan setiap pelunasan masih tinggalkan sedikit dana, gunamempertahankan bahwa rekeningyang bersangkutan noël ditutup.8. Mengisi forms / blanko bagi apa batal apakah menjadi mengambil pembatalanBPIH nya ataukah Waiting list tunda.9. Berkoordinasi mencapai BPS dalam hal membatalkan dan Waiting list tunda.10. Bagi yang sudah clearly batal agar langsung diisi melalui urutan kuota dibawahnya padakesempatan pertama karena menghilangkan delegasi hangus.11. Pada saat permintaan last berangkat harus dipastikan antara acak danyang ayo pergi ada print out apa batal sehingga dapat langsung diproses


Tinggalkan komentar
STANDAR OPERASIONAL prosedural (SOP) PENDAFTARANHAJI
20 Februari 2015 Haji Mojokerto

1. Membuka rekening simpanan haji pada Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH danmengecek kesehatan usai Puskesmas setempat (domisili).2. Mendaftar ke Kemenag Kabupaten / kota setempat (sesuai domisili)Bagi Kemenag Kab / kota yang siap online dengan SISKOHAT, pemotretanuntuk database siskohat dilakukan di Kankemenag.3. Resepsi dan mengecek data jemaah haji apa bersangkutan dan menyerahkanblanko surat Permohonan tretan Haji (SPPH).4. Mengisi membentuk Surat Permohonan tretan Haji (SPPH) pantas dengan KTP domisiliyang masih berlaku.Mengisi lembaran aplikasi isian SPPH5. Resepsi isian SPPH dan menginput data setelah dalam SPPH online untuk dicetakdan ditandatangani jemaah apa bersangkutan.Menyerahkan SPPH nanti Kankemenag atau yang mewakili untuk ditandatanganidan diserahkan bagian belakang kepada jemaah.6. Membayar setoran mulailah sebesar Rp. 25 juta setelah rekening sekretaris kesehatan Agama melaluiBPS BPIH.7. Penerimaan dan kutu SPPH jemaah haji8. Pemindahbukuan setoran awal BPIH nanti rekening menteri Agama di ~ kantorpusat BPS BPIH.Mencetak lembar bukti setoran awal BPIH apa telah dilegalisasi dan sudahdiberi foto untuk Kemenag yang sudah online.Menginput nomor pendaftaran untuk mendapatkan nomor porsi untuk Kemenagyang belum online.Menginput seluruh data SPPH buat memperoleh angka porsi.9. Menerima Bukti Setoran mulai BPIH Aplikasi Switcing yang didalamnyatercantum nomor porsi such bukti telah sah terdaftarsebagai jemaah haji jemaah haji melapor kembali ke Kemenag Kab / town tempat mendaftar10. Resepsi dan mengecek bukti setor mulai BPIH dari jemaah haji danmenjelaskan : ke kanan dan kewajiban jemaah haji ( lembar Surat Perjanjian PelayananJemaah Haji) penjelasan mengenai mekanisme pelunasan BPIH pada lima berjalan11. Menunggu informasi untuk pelunasan BPIH Jika porsi jemaah haji provinsi tidak terpenuhi pada pelunasan tahap Imaka diperpanjang menjangkau pelunasan tahap II Jika usai perpanjangan Tahap II bagian tersedia belum terpenuhi, makasisa porsi beralih menjadi porsi nasional. Saya adalah seorang haji yang berhak melunasi BPIH, tetapi tidak melunasi makasecara sistem were Waiting list pada lima berikutnya.12. Does pelunasan diterjunkan BPIH tahun berjalan pantas dengan besaranyang ditetapkan melalui Keputusan Presiden setelah Kantor BPS BPIH tempatmenabung.13. Menerima pelunasan dan demands dari jemaah haji dan melakukankonfirmasi data jemaah haji bersangkutan nanti dalam SISKOHAT buat ditelitikesesuaiannya. Memindahbukukan pelunasan BPIHke rekening menteri kesehatan Agama di BI olehBPS Pusat. Mencetak Bukti Setoran Lunas BPIH14. Menerima kertas Bukti Setoran Lunas Melaporkan diri usai Kemenag Kab / kota tempat mendaftar.15. Penerimaan dan memeriksa kelengkapan Pelunasan BPIH dari saya adalah seorang haji Mencatat nama dan identitas calon jemaah haji nanti buku agenda / registerpelunasan haji. Membuat laporan pelunasan haji ke Kanwil Kemenag Provinsi. Memastikan wait List yang sudah ayo pergi agar dihapus /di deletedari SISKOHAT.16. Menunggu Surat panggilan Asrama Haji ( SPMA ) dari Kemenag Kab / Kotadomisili. Penyerahan SPMA nanti jemaah haji dapat bersifat individu atau kolektif


Ketika melemparkan Jamrah:

Menaati waktu-waktu pelemparan jamrah yang telah ditentukan pantas dengan jadwal-jadwal apa keluarkan melalui Kementerian Haji.Tidak walk secara berkelompok dalam jumlah besar, noel membuat rantai manusia, dan noel berkumpul di tempat-tempat penuh sesak dan padat, seperti tempat tawaf, sai dan jamarat.Tidak melemparkan jamrah menjangkau memakai rock besar.Tidak melemparkan jamrah dari tempat yang sangat jauh untuk ditakutkan ini adalah mengenai setiap orang lain.Tidak bawa barang-barang atau payung ketika become melempar jamrah.Tidak berjalan melawan arus.

Di angkasa Penginapan

Tidak menyalakan api atau alat memasak di di dalam kamar penginapan.Menjaga kebersihan di penginapan.Membuang lemparan dan kredit di tempat-tempat apa telah disediakan, dan noël membuangnya di jalanan atau trotoar.

Kebakaran

Setiap jamaah haji harus mengetahui di mana cara menggunakan tool pemadam kebakaran sehingga mereka dapat memadamkan kebakaran kecil di tahap awal.Minimal teradapat satu orang apa dapat menggunakan tool pemadam kebakaran portabel ketika terjadi kebakaran.Memberikan pelatihan memadamkan kebakaran lebih baik daripada hanya memberikan instruksi panjang lebar.Jika pakaian anda terbakar, maka tetes diri Anda ke tanah dan berguling-bulinglah hingga fire terpadamkan.Semakin cepat dan menjawab seseorang batin menanggulangi nyala api, maka semakin besar pula kemungkinan buat memadamkannya.Semakin cepat seseorang luput dari kebakaran besar maka semakin geram pula kemungkinan dialah terselamatkan.

Di masjidil Haram

Jangan duduk-duduk atau tidur diatas trotoar dan di batin maupun luar masjid.Jangan bersikeras untuk salat di makam Ibrahim nanti tawaf jika noël memungkinkan.Jangan walk melawan arus sewaktu tablaf maupun sai.Jika their salat di trotoar maka menjauhlah dari trotoar nanti menyempurnakan salat dan salatlah sunah di ruang angkasa lain.Jangan menangkap sepatu rakyat lain (meskipun sepatu their hilang). Anda harus pembelian sepatu lain kemudian ganti dari sepatu Anda apa hilang.Jangan berkeliaran dengan hanya memakai pakaian ihram bagian bawah saja.Jangan suka quambg bagian overhead pakaian ihram Anda nanti atas bahu untuk bisa saja akun itu mengenai maju orang lain apa berada di belakang Anda.Jangan bersikeras untuk menyentuh Hajar Aswad dan menciumnya. Ini tindakan yang tidak benar. Selain sulit bergerak di batin kerumunan jamaah, juga akan mengakibatkan terjadinya percampuran antara laki-laki dan perempuan. Perbuatan ini sanggup saja membahayakan anda dan setiap orang lain.Disunahkan bagi Anda karena menyentuh dan mencium Hajar Aswad jika itu memungkinkan, namun jika noel mampu maka tampan dengan melambai tangan setelah arahnya. Berdesak-desakan demi mencium Hajar Aswad mencapai menyakiti orang lain dan bertindak secara tidak pantas, merupakan tindakan apa membuat orang apa bersangkutan berdosa.Hal-hal yang biasa terjadi di tempat-tempat ramai such ini adalah kebingungan, berdesak-desakan, dirugikan kesabaran, dan sebagainya. Khususnya karena jamaah haji tersebut berasal dari kultur budaya apa berbeda-beda.Usahakan semampunya agar berbuat dan bergerak dengan full kehati-hatian dan bijaksana.Jangan menjadi penekan dan menyakiti people lain spesial di tempat-tempat ramai, such saat tawaf, sai, makam Ibrahim, kapan melempar jamrah dan go lain sebagainya.

Kekeringan

Banyak terms selama menunaikan ibadah haji accordingly kita noel lagi merasakan haus, buat kita konsentrasi dengan keselamatan ourselves kita di pusat keramaian, atau khusyuk saat menunaikan salat dan memanjatkan doa.Pada saat-saat sebagai itu, kita sanggup melupakan rasa haus. Oleh untuk itu hendaklah setiap orang membawa minuman sendiri-sendiri apa bisa diminum di setiap waktu.Terkadang di ~ musim haji cuacanya sangat panas. Di dalam kondisi cuaca panas kemudian ini, lambung itupenggunaan (yang menyebarkan air nanti seluruh tubuh) noël mampu untuk menyerap air yang cukup mencapai cepat untuk menggantikan keringat yang keluar dari tubuh kita.Bahkan meskipun kita pikiran minum air, namun kita noël dapat menggantikan langsung cairan yang hilang. Oleh buat itu untuk kita harus menggunakan waktu istirahat kontrol dan air cold dalam dalam jumlah besar tertentu buat memenuhi kebutuhan berbadan terhadap cairan. Diatas waktu apa sama kita memenuhi kebutuhan nutrisi diatas tubuh kita.Kita harus selalu membawa botol wait bersih selama pelaksanaan ibadah haji.Setiap kali itupenggunaan mendapat kesempatan karena minum air dingin atau minuman ringan lainnya, itupenggunaan harus melakukannya.

Anak-anak dan Manasik Haji

Di dalam menunaikan ibadah haji, tidak dianjurkan membawa anak kecil apa berumur dibawah dua belas tahun.Kulit Anak sangat langsing dan halus, sehingga noël boleh terkena sengatan sinar matahari. Dan harus hati-hati jika ada kemungkinan terkena panasnya matahari dengan keuntungan krim pelindung. Namun haruss diketahui bahwa ini hanyalah karena pencegahan saja, tetapi noël memberikan jaminan.Kekebalan anak terhadap infeksi dan kuman terutang lemah sekali. Oleh untuk itu, jika memang harus bawa mereka menunaik ibadah haji hendaklah benar-benar telah memberikan vaksinasi buat memperkuat immunitas mereka terhadap penyakit anak-anak dahulu berangkat haji.Anak di bawah usia dua lima sangat rentan terhadap infeksi kelewat meskipun telah divaksinasi anti terhadap diseases anak.

Membawa Anak usai Tempat routine Manasik Haji

Dilarang membawa anak-anak di bawah umur dua belas five ke ruang angkasa pelemparan jamrah, tablaf atau sai, dan nanti seluruh tempat-tempat penuh sesak lainnya.Membawa anak-anak nanti tempat-tempat tersebut di ~ saat pelaksanaan haji dan umrah, pada saat-saat ramai, ini adalah menyebabkan kehilangan atau cedera. Terlebih buat hal itu become menghalangi seorang ibu buat melindungi dirinya sendiri.

Lihat lainnya: Ayat Yang Menjelaskan Tentang Keistimewaan Al Quran, Keistimewaan

Pakaian banci Selama Haji dan Umrah

Setiap feminin diperkenankan diasuh pakaian benar dengan pilihan masing-masing. Noel diharuskan karena memilih mode ataukah warna tertentu, hipotesa pakaian tersebut sesuai dengan persyaratan Islam, accordingly pakaiannya dapat kerang seluruh tubuhnya kecuali peningkatan dengan tetap memakai penutup kepala.

Dianjurkan untuk memakai pakaian mencapai spesifikasi berikut ini (pakaian dan sepatu):Pakaian sepanjang berbadan wanitaPakaian dengan pakai lengan panjang.Pakaian ringan (tidak terlalu berat).Pakaian berwarna buram tidak transparan.View native a hotel, that the karyawan al haram construction progressPakaian yang longgar.Pakaian di dalam (celana) yang panjang.Sepatu tidak punya tumit ataukah bertumit rendah