Adakah sayang yang noël tengkurap dan sanggup langsung duduk? kemudian orangtua, tentu saja kita akan khawatir jika anak kita noel menunjukkan kemungkinan baru apa seharusnya hatim anak seusianya. Belum lagi jika ditambah dengan remarks kanan kiri yang seringkali membandingkan anak kita dengan anak setiap orang lain. “Anak tetangga sebelah cantik bisa tengkurap lho. Kok anakmu belum bisa?”. Rasa pasti bikin frustrasi, ya, Bu?

Tapi tenang, diatas dasarnya setiap sayang di dunia melewati tahap perkembangan yang bisa memanggang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Selama ini, kita mungkin lebih sering mendengar tale bayi-bayi apa tengkurap dulu sebelum bisaduduk sendiri, lalu dilanjutkan dengan merangkak sampai finite ia bisa berdiri, berjalan, kelewat berlari. Namun, bukan berarti noël ada bayi yang melewatkan satu panggung dan langsung mencapai panggung setelahnya. Enim ketika ada pertanyaan, sebenarnya, adakah bayi yang noël tengkurap? hadiah adalah: Ya, ada.

Anda sedang menonton: Bayi 5 bulan belum bisa tengkurap sendiri

Setelah mengetahui hadiah dari pertanyaan “Adakah bayi yang noël tengkurap?”, muncul pertanyaan lain: normalkah bayi apa melewatkan fase tengkurapnya? untuk menjawab bertanya ini, harus dilihat dulu terms si bayi, apakah ia militer ceria? Apakah perkembangan lainbutuh baik? atau bayi luaran kelainan tertentu? dalam beberapa kasus, ada bayi yang melewatkan phase tengkurap untuk faktor tertentu, kemudian cerebral palsy, myopati ataukah kelainan pada otot, gagal tumbuh, kelainan pada india penglihatan, atau spina bifida. Bayi yang lahir prematur also kebanyakan terlambat tengkurap.

Tengkurap sendiri di atas umumnya dilalui bayi yang berusia 5 sampai 6 bulan. Di usia ini, sayang biasanya sudah start bisa berguling dari posisi terlentang ke posisi tengkurap. Namun, ada juga bayi apa belum memperlihatkan possibilities tengkurapnya meski cantik berusia 6 bulan lebih. Jika si kecil belum tengkurap di usia yang seharusnya ia sudah bisa melakukannya, orangtua sebaiknya tidak perlu khawatir asalkan keseluruhan aspek perkembangannya berjalan dengan baik. Tapi ada baiknya bayi dilatih tengkurap sejak sebelum 5 bulan buat sebenarnya tengkurap sendiri memiliki kerumunan manfaat karena perkembangannya.

Manfaat Tengkurap buat Bayi

Meski memang ada bayi yang noël tengkurap atau terlambat tengkurap, sebaiknya si kecil tetap saya dilatih dan distimulasi agar bisa tengkurap. Bab ini untuk tengkurap memiliki crowd manfaatyang berguna karena perkembangannya. Apa saja manfaatnya tengkurap untuk bayi?

1. Menurunnya risiko flat head syndrome

*

Flat head syndromeatau sindrom kepala datar dapat terjadi karena beberapa alasan, deviasi satunya buat bayi terlalu sering tidur terlentang. Cara menurunnya risiko utama datar ini mungkin dengan mengubah-ubah berposisi tidur bayi, selain terlentang, bayi also bisa diposisikan kepalanya miring ke kanan atau usai kiri secara bergantian. Selain itu, melatihnya tengkurap also bisa membantu mencegah flat head syndrome.

2. Memperkuat otot leher dan pundak

*

Seperti kutipan dari laman Healthline, tengkurap tambahan bisa tolong memperkuat otot leher dan pundak bayi. Saat tengkurap, bayinya seolah diberi kesempatan karena mengeksplorasi kemampuannya mengangkat terutama dan menoleh setelah samping kanan kiri lanskap sekitar. Berbeda dengan ketika berbaring, apa mana pergerakan sayang lebih terbatas, mencapai tengkurap, bahkan semua otot di berbadan si kecil akan ikut terstimulasi. Tengkurap tambahan bisa memperkuat otot punggung, lengan, tangan, dan perut. Otot-otot itu mendesak dibutuhkan bayi karena duduk, merangkak, sampai didefinisikan berjalan.

3. Membantu perkembangan motorik total dan halus

*

Saat bayinya tengkurap, mereka menjadi menendang dan mendorong tubuhnya, apa mana manuver ini justru akan tolong mengembangkanketerampilan motorik kasarnya. Saat tubuh mereka were lebih kuat, mereka ini adalah lebih sederhana memulai gerakan lanjutan, sebagai berguling, merangkak, berdiri, sampai akhirnya berjalan. Selain sanggup melatih motorik kasar, tengkurap juga bisa agitasi perkembangan motorik halus bayi. Tradisional saat tengkurap, ia jadi lebih leluasa untuk meraih ns di sekitarnya, untuk membuat jari-jari kecilnya memanggang terlatih mengabadikan sesuatu.

4. Building koordinasi mata dan tangan

*

Tak just sampai di situ, tengkurap also bisa melatih pengaturan mata dan tangan bayi. Saat tengkurap, jangkauan manuver si kecil memanggang lebih leluasa. Mereka tambahan akan belajar prospek baru circa lingkungannya, untuk ketika terlentang, ia just melihat dunia sekitarnya secara terbalik, ~ no dari tepian pandang manusia dewasa. Hal ini memungkinan ia mengeksplorasi lebih banyak benda dan fokus di atas benda tersebut, yang mana bisa memperkuat kekanseliran mata dan tangannya. Maka dari itu, penting karena menyediakan mainan atau barang-barang apa menarik namun aman, di tentang bayi saat ia sedang tengkurap.

5. Merangsang indera

*

Tengkurap merupakan aktivitas yang dapat agitasi seluruh indra sekaligus. Tengkurap memungkinkan bayi untuk fokus di atas lingkungan sekitar yang merangsang development pada indra penglihatan. Mereka tambahan dapat menyentuh crowd hal, karpet secara spasial mereka tengkurap, lantai, kasur, tojo yang mengelilinginya, dan hampir semua chapter lain yang bisa mereka raih. Sentuhan produksi bayi lebih sadar akan tekstur dan permukaan. Selama waktu tengkurap, ia tambahan dapat menoleh ke arah suara, memungkinkannya belajar memahami hubungan antara benda dan setiap orang sekitar, serta suara apa mereka dengar.

6. Membantu membangun kekuatan karena berguling, duduk, merangkak, sampai berjalan

*

Seperti apa sudah disinggung sebelumnya, tengkurap dapat memperkuat otot-otot diatas tubuh bayi. Bagi bayi, tengkurap seperti halnya olahraga! Tak luar biasa jika usai tengkurap, bayi akan terlihat kelelahan. Otot-otot yang terstimulasi saat tengkurap dapat menjadi penekan si kecil melewati melangkah perkembangan selanjutnya, kemudian berguling, duduk, merangkak, sampai akhirnya berjalan.

Tengkurap also bisa membangun kemandirian bayi. Ini untuk saat tengkurap, bayi didorong untuk bereksplorasi. Buat terbiasa mengeksplorasi pengalaman baru lewat tengkurap, ia pun jadi tidak takut buat mencoba gerakan dan posisi lain, siapa tahu berguling dari terlentang usai tengkurap, duduk, merangkak, mengesot, maupun berjalan.

Melatih bayi Tengkurap mencapai Tummy Time

Pasti di antara Ibu-Ibu siap tak asing lainnya dengan istilah ship time. Ship time adalah sesi praktek tengkurap pada bayi. Saat ini, ship time memanggang salah satu kegiatan yang direkomendasikan malalui American akademi of Pediatrics (AAP) untuk dilakukan bayi. Orangtua diharapkan rutin menengkurapkan bayi selama beberapa menit setiap sesinya. Halaman ini tentu bukan tanpa alasan. Tengkurap ternyata banyak bawa manfaat untuk bayi, seperti yang cantik dibahas di atas.

Sedikit flashbackke awal mula bagaimana itu? tummy time akhirnya memanggang kegiatan apa direkomendasikan para kedelapan anak. Kemudian dikutip dari The brand-new York Times, dulu tahun 1994, berposisi tengkurap justru jadi posisi yang dilarang buat dilakukan bayi untuk banyaknya kasus bayi apa meninggal mendadak saat tidur dalam posisi tengkurap. Kapak ini patuh disebut seperti SIDS (Sudden Infant death Syndrome). Banyaknya kasus ini membuat AAP didefinisikan membuat berkampanye “Back to Sleep” untuk mengajak orangtua menidurkan bayinya dengan berposisi terlentang. Namun ternyata, latihan inipun harus dihentikan sebab selagi tengkurap dilarang, justru enim banyak bayi apa mengalami sindrom flat head.Kasus tortikolis pun dilaporkan meningkat diatas 1996. Tortikolis adalah kondisi di mana kepala bayi secara konsisten miring usai satu sisi. Ini disebabkan lemahnya otot-otot di sekitar leher mereka karena kurang latihan.

Akhirnya kampanye “Back to Sleep” berganti nama belakang menjadi “Safe to Sleep”. Untuk mencegah sindrom flat head, tortikolis, maupun SIDS, AAP menganjurkan orangtua untuk menengkurapkan bayinya mereka setiap hari saat siap bangun. Tidur dalam posisi tengkurap sebaiknya noël dilakukan terutama jika bayinya masih berusia dibawah 1 tahun.

Cara Melatih bayi saat Tummy Time

Beberapa bayi could terlihat noël nyaman saat diajak tummy time duluan kali. Bahkan mungkin ada apa sampai menangis. Jika ini yang terjadi pada si kecil, sebaiknya medang jangan menyerah dulu ya. Bisa jadi ia menangis untuk memang belum terbiasa. Namun, jangan paksa juga si kecil untuk tengkurap bila ia terus menangis. Lalu, di mana cara melatih bayinya tengkurap menjangkau tummy time agar aman?

1. Tengkurapkan si kecil selama banyak menit

Jika bayinya tampak menikmati waktu tummy time-nya, medang bisa melatihnya tengkurap beberapa kali sehari selama banyak menit di setiap sesinya. Sebenarnya, noel ada patokan di usia bagaimana bayi diperbolehkan tummy time. Bahkan sayang sudah awal bisa dilatih tengkurap since beberapa hari setelah lahir. Namun, haruss dicatat bahwa ship time harus dilakukan dibawah pengawasan orangtua, terlebih jika bayinya masih di bawah 1 tahun, karena mengurangi risiko terjadinya SIDS.

Penting also untuk noël membuat bayinya terlalu lama ship time buat tummy time bagi mereka sama dengan berolahraga. Artinya, bayinya bisa memanggang sangat stres bila terlalu lama ship time. Langsung terlentangkan sayang jika ia sudah shine kelelahan saat tengkurap.

2. Bantulah sayang berguling dari terlentang nanti posisi tengkurap

Bayi yang masih kecil mungkin akan kesulitan membalikkan badan dari posisi terlentang ke tengkurap. Di masa-masa awalnya belajar, bantulah si small dengan menindas tubuhnya perlahan hingga mencapai lokasi tengkurap. Begitu pun saat akan back ke berposisi terlentang, tengah bisa membantu memiringkan badannya, dan membiarkan ia rejang gerakannya sampai mencapai lokasi terlentang.

3. Stimulasi bayinya dengan lidah saat sedang ship time

Memberikan mainan atau benda-benda kesukaan bayi saat ship time bisa membantunya lebih menikmati sesi latihannya. Cara ini also bisa medang coba jika si kecil terlihat noel nyaman selama ditengkurapkan. Menaruh mainan di tentang anak saat ship time juga bisa menstimulasi inderanya, such penglihatan, sentuhan, atau bahkan pendengaran yang berasal dari bunyi-bunyi pada mainannya. Anak tambahan akan terlatih motorik total dan halusnya dengan berposisi tengkurap karena ia menjadi berusaha menggapai benda-benda di sekelilingnya.

Seorang profesor di Ohio State University apa mempelajari development motorik awal, Dr. Jill Heathcock, mengatakan bahwa tummy time memang baik dan sanggup memberi banyak manfaat. Namun, orangtua sebaiknya noël terlalu kerusuhan jika bayinya mungkin terlihat kurang menikmati tummy time atau terlambat tengkurap jika dibandingkan anak-anak seusianya. Untuk menurutnya, apa terpenting adalah sayang berada di dalam berbagai posisi sepanjang hari, tidak just terlentang saja. Dan noel masalah jika bayi hanya mau bertahan di atas posisi tengkurap dalam beberapa senin saja. Waktu tummy time become bertambah dengan sendirinya jika orangtua melakukannya secara teratur.

Lihat lainnya: Aku Cinta Kepadamu Aku Rindu Dipelukmu Chord Kunci Gitar "Keliru"

Bayi noel tengkurap secepatnya duduk memang sanggup saja terjadi. Banyak juga bayi apa memang mengalami keterlambatan tengkurap. Dan penyebab sayang terlambat tengkurap biasanya noël terlalu serius. Selama si kecil tetap sehat, aktif, dan ceria, agaknya orangtua noël perlu khawatir berlebihan. Namun, lanskapnya begitu crowd manfaat apa diraih bayi ketika ia tengkurap, ada baiknya sayang memang dilatih buat tengkurap lewat rutinitas tummy timesejak dini.

Jika mungkin bayi kelihatan tidak nyaman saat ditengkurapkan, atau bahkan menangis, medang bisa mencoba lagi di go waktu, di jam-jam saat moodnya kelihatan sedang baik. Atau bisa juga menengkurapkan bayi di dada medang atau Ayah alih-alih di atas karpet atau kasur. Namun, pastikan bayi tidak kekenyangan sebelum tummy timeya, untuk khawatir bisa muntah. Kalau setelah usia 5 bulan bayi masih bersinar enggan ataukah kesulitan tengkurap, jangan ragu buat berkonsultasi setelah dokter, ya, Bu!