Menyusui adalah momen apa spesial bagi tengah dan bayinya. Saat menyusu, bayi akan mendapat memasukkan nutrisi dari medang serta menjalin ikatan emosionalnya mencapai ibu. Lalu, bagaimana itu? jika tiba-tiba bayi noel mau menyusu? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Bayi memahami menyusu akibat adalah hal yang cukup umum terjadi. Ini merupakan salah satu cara bayi karena mengatakan kepada ibunya bahwa ada hal apa mengganggu kenyamanannya kapan menyusu.

Anda sedang menonton: Bayi 5 bulan tidak mau menyusu

*

Penyebab dan Cara Mengatasi bayinya Menolak Menyusu

Di bawah ini become dijelaskan mengenai hal what saja yang dapat menyebabkan bayi enggan untuk menyusu, berikut cara mengatasinya:

1. Ibu memiliki puting datar

Tidak semua bayi bisa menyusu secara langsung di ~ puting ibu yang datar, khususnya karena bayi yang baru lahir. Hal inilah yang then bisa memicu bayi menolak menyusu. Untuk mengatasi chapter ini, gunakanlah pompa ASI karena menyedot puting agar lebih highlight keluar.

2. Bunda penyimpangan posisi

Bisa saja Si small enggan untuk menyusu sebenarnya Bunda menaruhnya di berposisi yang noël membuatnya nyaman. Untuk mengatasi chapter ini, kala Bunda harus alter posisi menyusui.

3. Menurunnya ton ASI

Sedikitnya jumlah ASI yang diisap melalui Si kecil bisa membuatnya frustasi dan enggan untuk menyusu. Untuk meningkatkan selang ASI, Bunda disarankan mencukupi pemasukan cairan dan mengonsumsi pakan bergizi. Bila perlu, konsumsilah suplemen penambah ASI dan susu yang diperuntukkan spesialisasi bagi medang menyusui.

Umumnya, bayi mulai tumbuh gigi di usia 6-12 bulan. Saat giginya mau tumbuh, Si kecil akan merasakan gusinya noël nyaman. Hal inilah yang kemudian bisa disebabkan ia menolak buat menyusu.

Rasa noel nyaman apa dialami Si Kecil acibe tumbuh gigi bisa mengatasi dengan cara mengusap gusinya menjangkau handuk cold atau jari Bunda sebelum menyusui. Jika bayinya menggigit payudara Bunda saat menyusu, cobalah buat tetap tenang dan mengaturnya jari di mulut Si Kecil untuk menghentikannya gigitan payudara.

4. Bayi ini adalah tumbuh gigi

Umumnya, bayi start tumbuh gigi di usia 6-12 bulan. Saat giginya mau tumbuh, Si kecil akan merasakan gusinya noel nyaman. Hal inilah yang kemudian bisa disebabkan ia menolak untuk menyusu.

Rasa noël nyaman yang dialami Si Kecil asibe tumbuh gigi bisa mengatasi dengan cara mengusap gusinya mencapai handuk dingin atau jari Bunda sebelum menyusui. Jika bayinya menggigit payudara Bunda saat menyusu, cobalah karena tetap tenang dan mengaturnya jari di mulut Si Kecil buat menghentikannya menggigit payudara.

5. Bayinya mengalami pilek

Pilek dan nasution tersumbat bisa ~ menyebabkan Si small sulit bernapas kapan menyusu, dan akhirnya jadi enggan karena menyusu.

Bunda disarankan untuk tetap pakan payudara Si kecil secara perlahan, mengelap ingusnya menjangkau waslap lembut, dan memastikan Si kecil mendapatkan istirahat yang cukup agar cepat sembuh.

6. Sayang mengalami sariawan atau infeksi telinga

Sariawan dan diencerkan telinga adalah dua chapter yang tambahan dapat menyebabkan bayinya menolak untuk menyusu, meskipun jarang terjadi.

Infeksi telinga di ~ bayi ditandai dengan fever tinggi, bayi sering menggosok atau menarik telinganya, berbadan bayi terlihat mudah lelah, dan ia noël bereaksi ketika mendengarkan suara.

Bunda bisa tolong meredakan rasa sakit diatas mulut Si Kecil akibat sariawan mencapai cara mengompres sariawan menggunakan pita batu apa telah dibungkus kain. Sedangkan karena meredakan infeksi telinganya, Bunda sanggup mengeluarkan kotoran yang ada di telinga Si kecil secara hati-hati manfaat kapas.

Lihat lainnya: Bahan Dan Cara Membuat Kue Semprit Renyah Dan Enak, 5 Resep Dan Cara Membuat Kue Semprit

Selain beberapa alasan di atas, bayi berat menyusu tambahan bisa disebabkan melalui kelainan lidah apa disebut ­tongue-tie. Jika Si small tetap menolak untuk menyusu meski Bunda sudah melakukan cara-cara di atas, apalagi jika jumlah urinenya siap semakin sedikit, Bunda disarankan buat segera memeriksakannya usai dokter anak atau menasihati laktasi.