Bayi 9 bulan belum mungkin merangkak produksi saya semakin khawatir ini adalah perkembangan baby Uno. Normalkah anak 9 bulan tidak merangkak? maafkan saya efek sampingnya bila bayi melewati fase merangkak? what stimulasi yang harus dilakukan supaya sayang belajar merangkak?

*
Baby Uno belum bisa merangkak!

Perkembangan Anak apa Terlambat

Bukan kali pertama baby Uno mengalami keterlambatan perkembangan. Di usia 6 moon seharusnya bayi sudah lancar berguling dari telentang setelah tengkurap then telentang lagi. Menjadi tetapi, baby Uno terasa bobot melakukannya. Ia cantik bisa tengkurap sendiri namun kapan harus telentang, baru setengah cara sudah kembali ke arah semula. *yak, penonton kecewa

Tepat di usia 6 bulan, saya cek KPSP oleh apps PrimaKu di smartphone. Dot terdapat bertanya "Pernahkah bayi berbalik most sedikit dua kali, dari telentang nanti tengkurap ataukah sebaliknya?". Knows enggak, infant Uno pas banget di hari itu mensukseskannya berguling dua kali! Ibarat biaya ujian, nilainya mepet lulus grade. Hahaha ....

Anda sedang menonton: Bayi 9 bulan belum bisa merangkak

Baby Uno benar-benar lancar berguling sana-sini ke berusia 7 bulan. Memiliki Allah, senangnya lanskap ia menemukan kasur. Jadi lebih waspada supaya enggak terguling ke pinggir kasur, sih, tapi senang dong dia mencapai milestone-nya.

Baca juga: mainan Bayi 6-9 Bulan

Bayi 9 bulan Belum mungkin Merangkak

Tantangan berikutnya yaitu merangkak. Di grup birth society November 2019, teman-teman baby Uno siap lancar merangkak. Para tengah mengeluhkan bayi apa makin aktif bereksplorasi mencapai merangkak. Preno out saya masih bersabar melihat bayiku yang ngesot sana-sini. "Ah, belum kali. Setelah itu tunggu usia 9 moon bisa sendiri," pikir saya meyakinkan diri sendiri.

*
Cek KPSP di apps PrimaKu

Mendekati usia 9 bulan, baby Uno noel menunjukkan tanda-tanda merangkak. Saya pun membawa bayi gemol ini usai dokter anak di OMDC Healthcare. Dot saya berkonsultasi mengenai ditanam kembang bayi apa belum bisa merangkak padahal usianya 8 bulan lebih.

Dokter ujian baby Uno, salah satunya mencapai menarik kedua tangan bayi dari lokasi telentang ke posisi duduk. Uno dapat mempertahankan lehernya secara kaku. Fine done!

Dari segi fisik, bayiku baik-baik saja ~ cenderung thừa gizi. Hihi ... Baby Uno memang buncit. Makannya tidak terlalu lahap tapi shanks minum ASI. Kedelapan pun menyarankan untuk lebih banyak menstimulasi agar sayang bisa merangkak.

*
Periksa tumbuh kembang anak ke klinik

Stimulasi bayi Belajar Merangkak

Saya kecemasan banget jika bayi saya melewati panggung merangkak. Jangan-jangan pada saat kemudian langsung berdiri. What di tahun-tahun berikutnya ini adalah ada efek jika bayi tidak merangkak?

Saya menonton YouTube channel Tya Ariestya apa mengalami tantangan serupa, anak laki-lakinya berusia 9 bulan dan belum bisa merangkak. Kedelapan anak apa memeriksa anak laki-lakinya Tya menjelaskan bayi apa melewati phase merangkak noel apa-apa. Noel ada bukti jelas memengaruhi negatif bila bayi noel merangkak. Baiklah, anggap saja aman-amanbae. Bagaimanapun perlu dicari tahu penyebab mengapa bayi belum bisa merangkak.

Berbagai bangsaaksi bayi belum bisa merangkak, antara lain:

Kurangnya stimulasiPenggunaan infant walker apa membuat bayinya terlalu nyamanTerlalu sering digendongKurang darah, memiliki penyakit kardiovaskular bawaan, ada kelainan otak, atau kelainan otot
Ok, kalau dilihat dari tujuan analisis hati-hati dan pengamatan selama ini infant Uno kurang stimulasi. Could ya ada efek keberatan badan, hehe. Maka, baby Uno makin patuh kami ajak merangkak.
*
Bayi diposisikan seperti merangkak

Saya dan SID, mas-nya Uno, merangkak di dekat baby Uno sambil mengajaknya merangkak. Uno anak apa ceria dan güns senyum. Ia akan tertawa lebar lalu merayap alias ngesot setelah arah kami. Hihi ....Dalam berposisi tengkurap, kedua femoral bayi held sedikit usai atas (seperti berposisi gerobak). Saat bayi diposisikan demikian, bayi ini adalah merespon dengan mengangkat tangannya kemudian posisi push-up dan mulai merangkak. Saya belajar chapter ini dari YouTube Tya di atas. Anak laki-lakinya Tya langsung merangkak kapan pahanya diangkat sementara baby Uno tetap merayap. *terus mencoba, Bu!Letakkan tojo di dokter bayi mencapai jarak yang noël terlalu jauhnya agar ia berusaha meraihnya. Saya kombinasikan halaman ini mencapai poin kedua. Kadang baby Uno mau mengangkat badan dan bertumpu menjangkau tangan buat merangkak, kadang ia bergerak usai arah lidah dengan merayap.Mengatur badan bayi di dalam posisi merangkak, badan bertumpu pada kedua tangan dan lutut menempel di lantai. Lalu, perlahan rumbai dan kaki bayi digerakkan bergantian seperti merangkak sambil ngobrol, "Ayo terus merangkak, Dik. Begini caranya."Pada saat sayang mengantuk, saya bisikkan doa bahwa tulang-tulangnya makin kokoh dan ia kokoh merangkak. Ya, iseng-iseng berhadiah mencoba teknik hipnosis anak.

Lihat lainnya: Daftar Bahasa Bahasa Yang Ada Di Indonesia Yang Paling Sering Digunakan


Stimulasi ini kita lakukan setiap hari. Cara apa kedua making baby Uno menangis. Ia tidak mau diangkat. Kalau siap menangis ya diletakkan lagi, coba back di go waktu.