oksavingmoney.com - Siapa yang tidak mengenal play bulu tangkis? permainan ini tentunya sudah noël asing lainnya di telinga sosial Indonesia.

Anda sedang menonton: Benda yang dipukul dalam permainan bulutangkis disebut

Permainan bulu tangkis bisa ~ dilakukan malalui siapa saja tanpa terkecuali. Bulu tangkis juga terasa mendesak menyenangkan buat dipelajari.

MenurutKamus geram Bahasa Indonesia (KBBI), permainan bulu tangkis dapat diartikan sebagai aktivitas olahraga yang dilakukan dengan memukul kok mencapai raket, kok harus melewati jaring yang menjadi pembatas antara dua pemain atau tim.

Jika lanskapnya definisi di atas, dapat dilihat jika bermain bulu tangkis membutuhkan kok ataushuttlecock, raket serta jaring sebagai pembatas antar dua area.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), permaianan bulu tangkis dilakukan di lapangan atau rumput apa dimainkan mencapai raket dan kok.

Baca juga: Variasi Teknik tabrakan Lob dalam bermain Bulu Tangkis

Namun, tahukah kamu kalau akibat peralatan dan perlengkapan apa dibutuhkan dalam bermain bulu tangkis bukan just kok, raket serta jaring?


Dapatkan informasi, ilham dan insight di email kamu.Daftarkan email


Berikut beberapa toolkit dan perlengakapan apa dibutuhkan dalam bermain bulu tangkis, dilansir dari situsKementerian pelatihan dan budaya (Kemdikbud):

Kok ataushuttlecock

Kok yang digunakan dalam play bulu tangkis dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian major serta bulu kepala.

Shuttlecock yang digunakan dalam bulutangkis terbuat dari gabus yang dibentuk setengah lingkaran dan diberi bulu unggas.

Kira-kira jumlah bulu unggasnya adalah kyung 14 hingga 16 helai. Sedangkan karena ukuran diameter gabus adalah circa 25 mm hingga 28 mm.


Ukuran diameter buat ujung atas adalah kyung 54 mm hingga 56 mm. Standar beratshuttlecock adalah 4,73 hingga 5,50 gram.

Baca juga: Variasi Teknik Servis dalam permainan Bulu Tangkis

Raket

Raket digunakan buat memukul kok dalam play bulu tangkis. Raket harus memiliki berat kurang dari 150 gram.

Pada umumnya berwujud yang digunakan dalam pembuatan raket adalah kayu, aluminium, fiberglas serta arang.

Jaring

Jaring dalam play bulu tangkis digunakan sebagai pembatas antar area pemain atau tim. Net ataukah jaring terbuat dari tali yang halus dan berwarna hijau tua.

Jaring yang used dalam pertandingan bulu tangkis harus memiliki singa net 610 meter dan besar 76 cm.

Baca juga: Variasi Teknik reguler Raket dalam play Bulu Tangkis

Tiang dan tinggi net

Tiang jaring atau net harus terbuat dari bahan yang cukup kuat, contohnya besi. Tua- jaring berbentuk bulat serta memiliki diameter 3,8 cm.

Sedangkan buat jaring harus dipasang di ~ ketinggian 1,524 meter. Jaring harus dipasang kokoh dan lurus.

Lapangan bulu tangkis

Sesuai menjangkau peraturanInternational Badminton Federation(IBF), liong lapangan bulu tangkis perlu 13,40 meter. Ukuran panjang ini berlaku karena kompetisi kategori tunggal dan ganda.

Baca juga: Variasi Keterampilan Menangkap nol dalam permainan Softball

Sedangkan buat ukuran lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter karena pertandingan kategori ganda dan 5,18 meter buat kategori tunggal.

Lapangan bulu tangkis tambahan harus diberikan garis pembatas menjangkau warna apa jelas dan menyudahi terlihat, contohnya adalah weiss atau kuning.

Lihat lainnya: Asus Max Pro M1 Harga Bekas, Handphone Asus Murah Di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap days dari oksavingmoney.com. Mari bergabung di Grup telegram "oksavingmoney.com berita Update", caranya mengklik link https://t.me/oksavingmoney.comcomupdate, kemudian join. Dari mereka harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.