Benjolan under dagu bisa menjadi gejala dari beberapa kapak kesehatan. Benjolan tersebut sanggup berupa benjolan kecil, besar, ataukah bengkak yang berada dibawah dagu.

Anda sedang menonton: Benjolan di bawah rahang sebelah kanan

Benjolan di bawah dagu pun biasanya muncul di area jawline atau di bagian depan leher. Bahkan dalam beberapa kasus, satu benjolan under dagu pun sanggup berkembang dulu beberapa benjolan.

Biasanya benjolan di bawah dagu tidaklah berbahaya. Namun, kapak ini sering kali disebabkan melalui pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan ini pun konvensional bisa diaktifkan oleh infeksi.

Baca Juga: Pembengkakan Kelenjar Getah Bening diatas Anak, what Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Beberapa kondisi menyakiti seperti kanker, kista, abses, tumor jinak dan mengganggu medis lainnya mungkin menyebabkan benjolan under dagu. Namun alasan ini kurang sopan lebih langka jika dibandingkan dengan alasan yang noel membahayakan.

Benjolan under dagu bisa saja muncul kemudian bisul atau bisa juga abses. Biasanya benjolan ini bisa terasa mengetuk atau juga keras.

Beberapa benjolan ini adalah terasa kran air ledeng atau kelewat memberikan rasa nyeri selama disentuh. Sementara benjolan under dagu mungkin noel menimbulkan rasa sakit kesamaan sekali.

Jika benjolan under dagu noel terasa sakit, mungkin benjolan tersebut akibat sudah muncul sejak beberapa waktu lalu dan Moms belum menyadarinya.

Yuk ketahui lebih batin mengenai benjolan di bawah dagu dan cara mengatasinya dibawah ini!

Baca Juga: Pembengkakan Kelenjar kelenjar getah bening saat Hamil, mengapa Bisa Terjadi?

Penyebab Benjolan under Dagu dan Pengobatannya

*

Foto: oksavingmoney.oksavingmoney.comm picture Stock

Ada banyak hal apa bisa were penyebab dari terms benjolan di bawah dagu. Lebih lengkapnya, ini informasinya!

1. Kelenjar Getah Bening

*

Foto: oksavingmoney.oksavingmoney.comm picture Stock

Kelenjar kelenjar getah bening adalah organ kecil yang muncul di seluruh tubuh dan memiliki fungsi sebagai bagian dari sistem limfatik. Nah, asetnya limfatik sendiri adalah sebuah pelebaran dari asetnya kekebalan.

Dalam sebuah jurnal apa berjudul The Lymphatic system in diberkatilah anda and Disease keluar bahwa kelenjar kelenjar getah bening sendiri menyaring cairan yang disebut getah bening. Tugasnya sendiri adalah menjebak kolitis yang berbahaya lainnya.

Karena fungsinya seperti penyaring cairan, maka kelenjar limfoid ini sering bengkak untuk terinfeksi.

Melansir jurnal apa berjudul Peripheral Lymphadenopathy: method and diagnostik Tools, pemfitnahan penyakit yang pada umumnya disebabkan pembengkakan kelenjar lymphoid adalah;

DemamInfeksi mulut dan gigiFluMonokulosisAmandelSakit tenggorokanCytomegalovirus

Baca Juga: Apa Beda Kelenjar getah bening Bengkak dan Kelenjar Tiroid yang Bengkak?

Banyak kondisi yang menyebabkan kelenjar kelenjar getah bening membengkak hingga menyebabkan benjolan dibawah dagu. Virus such tuberculosis atau TBC pun bisa were salah satu penyebabnya.

Jika Moms memiliki benjolan under dagu yang disebabkan melalui kelenjar getah bening, Moms oksavingmoney.comuld akan mengalami gejala lain seperti;

Pembengakan kelenjar getah bening di area lain sebagai di bawah lenganBatuk, suara serak dan juga pilekDemamPusing

Benjolan under dagu apa disebabkan melalui kelenjar lymphoid sendiri biasanya beoksavingmoney.comme hilang mencapai sendirinya. Dokter bisa akan demands Moms buat tetap mengawasi pembengkakannya.

Untuk pengobatan benjolan under dagu karena penyebab ini, dokter bisa akan memberikan antibiotik dan also antiviral buat menyembuhkan infeksinya.

Untuk diatasi peradangan, dokter oksavingmoney.comuld akan memberikan obat lain such ibuprofen (Advil), naproxen (Aleve), ataukah acetaminophen (Tylenol).

Baca Juga: Mengenal Kista Bartholin, Kista yang Bisa menyebabkan Sakit saat Berhubungan Seksual

2. Kanker

*

Foto: oksavingmoney.oksavingmoney.comm photo Stock

Kanker bisa were salah satu menyebabkan benjolan under dagu. Meski kanker konvensional menyerang orang dewasa, namun kapak ini mungkin hadir while saja dan di umur berapa banyak saja.

Ada banyak cara dan beraliran bagi kanker untuk menyebabkan busung di leher. Biasanya, benjolan di bawah dagu sendiri akan hadir jika kanker;

Cancer berada di kyung organ such mulut, tenggorokan, thyroid dan juga kelenjar ludahKanker hadir di sistem limfatikKanker kulit nomelanoma yang muncul under dagu

Baca Juga: Moms perlu Tahu, 8 jenis Sakit kepala Berdasarkan penyebab dan Gejalanya

Beberapa kanker also bisa menyebabkan benjolan under dagu. Types kanker apa bisa menimbulkan terms tersebut adalah leukimia dan Hodgkin"s Disease.

Kelenjar getah bening yang memiliki kanker di atas umumnya akan terasa sulit namun noël sakit kapan dipegang.

Gejala lain yang bisa Moms kaitkan dengan kanker selagi terjadi busung di circa leher adalah;

Sakit badan yang noël berkesudahanPerubahan rutinitas buang air kecilBanyaknya bejolan di badanKesulitan untuk menelanPerdarahan yang noel bisa dijelaskanPerubahan ukuran, bentuk dan juga warna diatas tahi lalat atau kutilBatuk yang sangat menggangguTurunnya memuat badan secara drastisPerubahan suaraInfeksi apa berulang

Nah, selagi benjolan dibawah dagu disebabkan oleh kanker ganas, ada banyak pengobatan yang bisa used atau dijalani.

Dokter biasanya menjadi merekomendasikan kemoterapi, radiasi, ataukah operasi untuk membuang getah bening.

Jenis pengobatanya personally bergantung dan beberapa faktor termasuk terms kesehatan Moms saat ini, tipe kanker yang dimiliki dan juga stadiumnya.

Dokter pasti akan membantu dan mengerti types pengobatan mana yang terbaik untuk Moms.

Baca Juga: Ketahui bangsaaksi Kanker Darah di ~ Anak dan Cara Mengatasinya

3. Kista

*

Foto: oksavingmoney.oksavingmoney.comm photo Stock

Kista bisa menjadi salah satu bangsaaksi hadirnya benjolan under dagu. Kista sendiri adalah darah jantung kecil yang berisi cairan yang disebabkan oleh infeksi.

Kista bisa menyebabkan munculnya benjolan di bawah dagu. Terlebih tipe kista sebaceous.

Jenis kista sebaoksavingmoney.comeus sendiri bisa ~ disebabkan melalui penyumbatan pada kelenjar atau saluran sebaceous. Tak sampai sana, jerawat yang berada di bawah dagu pun bisa dulu penyebab terbentuknya kista ini.

Kista tipe ini sendiri bisa menghilang mencapai sendirinya tanpa banyak intervensi medis. Tak langka orang memilih karena mengabaikannya hingga kondisi ini menghilang sendiri.

Namun, jika Moms sudah merasakan rasanya sakit acibe pembengkakan yang terjadi, jangan lupa untuk langsung memeriksakan diri usai dokter ya, Moms!

4. Lipoma

*

Foto: oksavingmoney.oksavingmoney.comm photograph Stock

Lipoma sendiri bisa menjadi penyebab dari benjolan di bawah dagu. Lipoma adalah pertumbuhan sel lemak yang berada di bawah kulit.

Benjolan di bawah dagu yang disebabkan melalui lipoma biasanya luaran tekstur apa lembut dan menyudahi digerakkan jika disentuh.

Biasanya, lipoma sendiri menjadi tumbuh dengan perlahan-lahan dan mungkin tumbuh tanpa menunjukkan gejala apapun kecuali benjolan di atas kulit.

5. Fibroma

*

Foto: oksavingmoney.oksavingmoney.comm picture Stock

Fibroma pun bisa dulu penyebab hadirnya benjolan di bawah dagu, Moms! Biasanya kapak ini lebih sering muncul di ~ bagian mulut.

Meski tak luaran gejala selain benjolan, ternyata fibroma sanggup menjadi tanda tangan dari penyakit oksavingmoney.comwden. oksavingmoney.comwden sendiri bisa ~ menyebabkan tumbuhnya tumor jinak.

Nah, itu dialah Moms 5 penyebab berbahaya yang mungkin menyebabkan benjolan dibawah dagu. Namun, Moms noel perlu khawatir untuk ada beberapa kondisi yang noel parah dan bisa menyebabkan kondisi ini.

Lihat lainnya: Astronot Yang Gagal Kembali Ke Bumi Setelah Dua Bulan Lakukan Misi Di

Apa saja sih kapak tak mengkhawatirkan apa pula dapat dulu penyebab benjolan di bawah dagu? Ini dia!

Baca Juga: Apakah Bayi fever Boleh bath atau Tidak? Ini Kata Ahli!

Penyebab lain Benjolan di bawah Dagu

*

Foto: oksavingmoney.oksavingmoney.comm picture Stock

Dilansir dari HealthLine, ini beberapa terms kesehatan lain yang bisa menyebabkan benjolan under dagu;

Batu saluranAlergi makananGondokLukaSengatan atau gigitan seranggaPatah tulang rahang yang retakObat-obatan tertentu

Baca Juga: Ketahui 3 selisih Alergi pakan dan Intoleransi pakan Pada Balita

Kapan Harus usai Dokter?

*

Foto: oksavingmoney.oksavingmoney.comm picture Stock

Benjolan dibawah dagu biasanya beoksavingmoney.comme pergi mencapai sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, pengobatan karena benjolan yang disebabkan malalui infeksi harus dilakukan.

Moms perlu pergi nanti dokter jika pribadi kondisi;

Benjolan di bawah dagu yang tak bisa ~ dijelaskanBenjolan semakin membesarBenjolan masih ada walau sudah lewat 2 mingguBenjolan terasa keras dan tidak bergerak ketika dipencet

Nah, menyertainya tadi Moms menyebabkan benjolan dibawah dagu yang perlu perawatan dan juga jenis lainnya yang bisa hilang menjangkau sendirinya. Jika benjolan noel hilang, jangan menunda untuk memeriksakan diri usai dokter ya, Moms!