Benjolan di gusi bisa disebabkan oleh berbagai penyakit gigi dan mulut. Gusi adalah jaringan lunak berwarna merah muda yang memiliki fungsi kemudian tempat koknya gigi their berada.

Anda sedang menonton: Benjolan putih di gusi tidak sakit

Jika kebersihannya noel dijaga dengan baik, gusi bisa mengundang berbagai penyakit, sebagai benjolan di gusi.

Benjolan di gusi sering diabaikan melalui kebayakan orang yang mengalaminya. Bahkan, terkadang seseorang baru menyadarinya saat benjolan sudah start membesar. Padahal, benjolan di gusi noel boleh dianggap sepele.

*

Beberapa penyebab Benjolan di Gusi

Tidak hanya gigi, gusi juga memiliki peran cukup bagi kesehatan anda secara keseluruhan. Kebersihan dan kesehatan mulut yang baik dapat mengurangi risiko munculnya penyakit serius. Oleh untuk itu, penting buat menjaga diberkatilah anda gigi, gusi, dan mulut, guna menghindari kondisi such benjolan di gusi.

Adapun beberapa menyebabkan munculnya benjolan di gusi meliputi:

1. Radang gusi (gingivitis)

Radang gusi (gingivitis) adalah penyakit apa umum terjadi di gusi Anda. Penyakit ini berakibat gusi mengalami iritasi, berwarna kemerahan, menimbulkan pembengkakan, serta benjolan di gusi Anda. Kapak ini tradisional disebabkan melalui kebersihan mulut apa buruk.

Radang gusi noël bisa disepelekan untuk jika didiamkan, penyakit ini bisa menyebabkan diseases gusi yang jauh lebih serius, seperti periodontitis ataukah bahkan bisa menyebabkan their kehilangan gigi.

2. Mukokel (mucocele)

Benjolan di gusi also bisa disebabkan melalui mukokel. Mukokel juga dikenal sebagai kista mukosa, yaitu benjolan berisi cairan apa umumnya muncul di bibir atau mulut, serta gusi Anda.

Mukokel terjadi selama saluran kecil pada kelenjar ludah rusak atau tersumbat. Biasanya, hal ini terjadi lantaran their berulang kali gigitan dan mengisap bibir bawah atau pipi Anda.

Terkadang, mukokel tidak memerlukan pengobatan dan bisa pulih dengan sendirinya. Namun, perlu tidaknya dilakukan pengobatan tergantung pada tingkat keparahan kista mukosa.

Untuk mencegah terjadinya dileburkan atau menyakiti jaringan, dari mereka disarankan buat tidak cobalah membuka ataukah mengeluarkan cairan kista sendiri di rumah.

3. Abses gusi

Penyebab lain apa dapat menimbulkan benjolan di gusi adalah abses gusi. Abses gusi merupakan kumpulan nanah apa dapat terbentuk di dalam gigi, gusi, atau tulang yang menahan gigi Anda. Terms ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

Pada terms ini, penting karena mendapatkan pertolongan duluan sesegera mungkin karena abses tidak hilang mencapai sendirinya. ~ terkadang sanggup menyebar nanti bagian tubuh lain dan membuat anda sakit.

4. dental lichen planus

Benjolan di gusi juga dapat disebabkan melalui penyakit lichen planus di ~ mulut. Diseases ini sanggup tampak such bercak putih, benjolan, atau luka terbuka. Umumnya luka atau benjolan ini muncul di di dalam pipi, gusi, lidah, dan also jaringan batin bibir.

Tidak ada pengobatan spesifik untuk kondisi ini, tetapi untuk meringankan gejala, pengobatan mencapai obat antinyeri atau kortikosteroid could akan menghadiahkan dokter.

Cara Merawat health Gigi dan Mulut

Dengan mulut sehat apa terbebas dari penyakit gusi dan gigi berlubang, maka kualitas kehidupan Anda become lebih baik. Anda bisa makan dengan benar, tidur lebih nyenyak, dan pribadi konsentrasi yang noël terganggu dengan diseases gusi, kemudian benjolan di gusi dan berbagai masalah kesehatan gigi.

Berikut cini adalah ara merawat kesehatan gigi dan mulut milik mereka terhindar dari beragam penyakit mulut.

Lihat lainnya: Biaya Sekolah Bulutangkis Pb Jaya Raya, Informasi Beasiswa Bulutangkis Pb Djarum

organisasi merokok. Lakukan pemeriksaan usai dokter gigi, setidaknya 6 bulan sekali.

Sedari kecil, kesehatan mulut penting untuk dijaga agar terhindar dari diseases gigi dan mulut, implisit benjolan di gusi. Jika anda mengalami benjolan di gusi, sebaiknya secepatnya periksakan usai dokter gigi buat mendapatkan penanganan yang tepat.