Ovulasi adalah proses selagi sel telur apa sudah matang timbulnya dari ovarium atau indung telur nanti tuba falopi untuk dibuahi.

Anda sedang menonton: Berapa hari sel telur matang setelah haid

Bila sedang merencanakan kehamilan ataukah justru mau mencegahnya, milik mereka perlu mengetahui kapan masa ovulasi ini terjadi.

Masa ovulasi merupakan waktu terbaik untuk melakukan koneksi seksual agar bisa ~ segera hamil. Sebaliknya, ovulasi tambahan bisa dimanfaatkan sebagai KB alami untuk mencegah kehamilan. Dengan mengetahui while masa pinjal atau period ovulasi terjadi, their bisa menghindari hubungan seksual agar tidak hamil.

*

Bagaimana proses Ovulasi Terjadi?

Selama siklus menstuasi, ovarium menjadi mempersiapkan sekitar 15–20 sel telur matang setiap bulannya. Telur yang paling matang become dikeluarkan dan masuk ke dalam tuba falopi untuk dibawa menyundul rahim. Agar terjadi kehamilan, sel telur ini harus dibuahi melalui sperma.

Sel telur dapat bertahan setidaknya selama 24 jam nanti dikeluarkan, sedangkan pembicara dapat bertahan di batin vagina hingga 7 hari.

Untuk memperbesar pilihan terjadinya kehamilan, anda bisa melakukan hubungan seks batin waktu sekitar 2 hari sebelum ovulasi hingga kurang lebih 5 aku setelah ovulasi.

Kapan Ovulasi Terjadi?

Siklus haid secara tangga berkisar antara 25–30 hari dengan rata-rata siklus 28 hari. Ketentuan masa pinjal atau ovulasi ini biasanya berawalan di sekitar hari ke-14 dalam siklus menstruasi.

Jika siklus menstruasi anda adalah 28 aku dan teratur setiap bulannya, maka aku ke-14 biasanya sanggup dijadikan patokan masa ovulasi. Di ~ masa ini, anda bisa berhubungan intim tanpa kondom guna menciptakan kehamilan.

Meski demikian, siklus menstruasi pada setiap wanita bisa berbeda-beda, ada yang teratur dan ada apa tidak. Perubahan siklus haid ini bisa terjadi buat berbagai hal, misalnya kenaikan atau penurunan memuat badan, lelah berat, kurang tidur, terlalu sering berolahraga, atau penyakit tertentu, misalnya PCOS.

Jika their memiliki siklus menstruasi apa teratur, their bisa melakukan perhitungan kalender karena mengetahui kapan ovulasi terjadi. Caranya adalah menjangkau mentukan waktu menstruasi dari mereka selanjutnya, lalu hitung mundur selama 8–12 hari sebelum tanggal menstruasi tersebut.

Sayangnya, metode ini akan sukar dilakukan jika anda memiliki siklus haid yang noël teratur dan patuh berubah.

Apa Saja Tanda-Tanda Ovulasi?

Meski tanda ovulasi di ~ tiap feminin bisa berbeda-beda, milik mereka dapat memperkirakan kapan anda mengalami ovulasi mencapai mengenali beberapa tanda terjadinya ovulasi berikut ini:

1. Suhu basalt tubuh

Ovulasi dapat pengayaan suhu basal tubuh Anda. Suhu basal tubuh ini sendiri adalah suhu berbadan saat beristirahat. Milik mereka bisa mengkuantifikasi suhu basalt tubuh mencapai termometer khusus.

Dengan mengetahui perubahan diatas suhu basal, anda dapat memprediksi while mengalami ovulasi dan mengetahui kapan waktu terbaik untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan.

2. Keputihan

Keputihan ini merupakan lendir leher rahim apa bisa were pertanda bahwa anda sedang dalam masa subur. Nanti menstruasi their selesai, lendir diatas leher rahim dari mereka akan secara perlahan meningkat dan teksturnya akan berubah.

Menjelang dan saat ovulasi, lendir were lebih cair sehingga sederhana masuknya pembicara ke di dalam tuba falopi karena bertemu mencapai sel telur. Saat yang paling subur adalah selagi lendir tersebut mulai lampu agak jernih kemudian bagian weiss pada telur mentah.

3. Peningkatan gairah seksual

Pada saat ovulasi, banci lebih bergairah untuk melakukan menghubung seks. Bahkan, sebuah studi mengungkapkan bahwa di ~ masa ovulasi sebagian wanita merasa dirinya lebih memukau dibandingkan hari-hari biasanya.

4. Sakit di bagian perut

Rasa sakit atau kram di potongan perut disebut tambahan dengan mittelschmerz. Sebagian wanita mengaku bahwa mereka merasakan sakit di bagian ovarium, yaitu perut bagian bawah diatas masa ovulasi. Rasa sakit ini also bisa muncul di penyimpangan satu punggung di ~ saat ovulasi.

Jika milik mereka ingin menentukan masa ovulasi dengan cara apa lebih praktis, anda bisa menggunakan tool tes masa subur apa bisa ditemukan di apotek. Alat ini ini adalah menunjukkan taraf hormon LH oleh urine Anda. Hormon LH yang meningkat unjuk salah satu ovarium dari mereka akan secepatnya mengeluarkan sel telur.

Lihat lainnya: Biaya Tes Viral Load Di Prodia, Test Viral Load, Apa Itu, Dan Haruskah

Dengan mengetahui masa ovulasi, their dapat mencapai mudah konfigurasi kehamilan. Namun, bagi Anda yang kesulitan mengetahui masa ovulasi karena menstruasi tidak teratur, berkonsultasilah dengan dokter karena mendapat sepuluh dan cara merencanakan kehamilan apa sesuai dengan terms Anda.