*

Hai kamu yang suka belanja digital dari luar negeri, atau kamu apa baru pertama kali belanja dari luar negeri, atau bahkan apa baru akan berbelanja dari website di luar negeri. Tentu saja kalian saya baik-baik saja was was atau bingung circa pemeriksaan Bea Cukai. Apalagi buat kalian apa baru duluan kali belanja dan paket kalian belum sampai juga padahal sudah berhari days tentu kalian dirasakan deg degan, mengapa sih kok belum sampai.

Anda sedang menonton: Berapa lama barang di bea cukai 2020

Salah satu proses yang “menakutkan” bagi sebagian orang yang berbelanja dari luar negeri dan dikirim setelah Indonesia adalah proses pemeriksaan di Bea Cukai. Enim ga langka pertanyaan apa keluar adalah “sebenarnya bagaimana lama sih kebijakan aturan di Bea Cukai itu?”

Untuk menjawab usulnya ini, kita harus flashback mengenai proses siaran barang dari luar negeri. Yang perlu kita tidak sah Bersama bahwa ada dua instansi yang mempengaruhi bagaimana lama proses kebijakan aturan barang kalian, ataukah lebih spesifik bagaimana lama pemeriksan di Bea Cukai.

Jadi, setiap orang barang kiriman apa datang dari luar negeri tuh bakalan diterima melalui perwakilan kurir di Indonesia. Ya, kurir yang lingkupnya internationale mempunyai afiliat di negara yang ingin dituju. Jadi semisal kalian pake kurir X maka pasti kurir X tersebut mempunyai bureau perwakilan di Indonesia. Nanti sampai dan diterima malalui perwakilan di Indonesia barang kamu ini adalah dipindahkan dari kendaraan logistic (bias pesawat atau kapal laut) ke gudang milik kurir tersebut. Disini kalua kami cek di website tracking kurir, maka akan mengeluarkan penjelasan bahwa barang kalian sudah tiba di Indonesia.

Lanjut, usai barang sampai di penyimpanan milik kurir tersebut, perwakilan kurir ini adalah membuat dokumen impor. Mayoritas dokumennya adalah Consigment note (CN) karena barang dengan nilai dibawah USD1500, untuk barang yang diatas USD1500 maka akan dibuatkan dokumen PIB/PIBK. Ke selesai making dokumen, maka dokumen itu ini adalah dikirim nanti Bea Cukai. Nah kalua siap dikirim maka kalian dapat melihat statusnya di website milik Bea Cukai disini. Statusnya adalah “Selesai Cek Validasi”.

Setelah dokumen dikirim, langkah terdekat adalah polemiknya barnag apa akan diperiksa tersebut karena diperiksa oleh Bea Cukai. Ke dipisahkan, barang become dibuka dan hasil isinya. Nanti isinya dikeluarkan, isi paket tersebut akan diserahkan kepada petugas Bea Cukai. Petugas Bea Cukai akan memeriksa kiriman tersebut dan dicocokkan mencapai dokumen yang sudah dikirim sebelumnya. Oh ya, selama pemeriksaan, pihak kurir akan selalu ada disana. Memanggang kalua ada barang apa rusak/ ga dikembalikan/ hilang semestinya si pihak kurir become tahu. Enim ga ada tuh alasannya kalau ada barang hilang lalu dibilang “ga tahu, habis diperiksa Bea Cukai udah kayak gitu”. Kalau ada kurir apa bilang kayak gitu repair jangan dipake lagi deh, untuk jelas clearly selama kebijakan aturan mereka yang mendampingi. Lanjut, setelah selesai diperiksa, isi paket menjadi dikembalikan usai kurir, lalu melalui kurir menjadi dikemas ulang. Sampai disini negara kalian di ~ website tracking Bea Cukai akan unjuk keterangan “Laporan Hasil pemeriksaan Telah Direkam”.

Setelah aturan dirombak selesai, maka petugas Bea Cukai menjadi menentukan jumlah pajak apa harus kami bayar. Kalau misalnya petugas ragu, petugas biasanya meminta dokumen ekstra (mayoritas bukti bayar sama attach tempat kami beli). Bukti perhitungan ini paling tepat kita berikan pembuktian transfer setelah penjual/ olshopnya ya…. Statusnya di ~ proses ini adalah “Permintaan Dokumen”

Setelah hitungan pajaknya selesai maka faktur akan keluar. Sampai disini pemeriksan di Bea Cukai telah selesai. Oh ya, kodenya untuk tahap ini adalah 401 atau 405. Enim kalau status kalian cantik mendapat simpul ini, kita bias buru buru membayar faktur agar paket kita segera dikirim.

Loh, tapi kan harusnya selesai begitu statusnya “Barang Keluar Dari Gudang” ? akibat ga perlu menunggu statusnya “Barang disetujui Dari Gudang” kok. Status barang keluar dari penyimpanan itu muncul selama si kurir melakukan scan paket tersebut sebagai gejala bahwa mereka mulailah mengirimkan paket ke alamat tujuan, bukan sebagai tanda tangan selesainya proses pemeriksaan di Bea Cukai. Enim cukup status 401 atau 405 menemani itu artinya kebijakan aturan di Bea Cukai sudah selesai.

Lihat lainnya: Berita Kecelakaan Di Madiun Hari Ini Ternyata Tewas Kecelakaan

Nah, udah kenal kan faktor maafkan saya saja apa mempengaruhi bagaimana lama paket kami di Bea Cukai. Kebijakan aturan di Bea Cukai ga lama kok, dengan catatan

Kurir segera making dokumen impor nanti barang masuk setelah gudang merekaKurir langsung menyiapkan barang buat diperiksa Bea CukaiKurir secepatnya memberitahu bahwa ada diterjunkan dokumen dan kami segera melengkapi saya dirampas ituKurir langsung membayar bill pajak

Itulah garis terlalu tinggi proses pemeriksan di Bea Cukai. Jadi berapa lama mengolahnya pemeriksan di Bea Cukai? Kalai dirangkum, aturan dirombak di Bea Cukai hanya pada saat barang start diperiksa hingga penghitungan pungutan. Kalau diproses, rata rata ga lebih dari 3 hari kerja. Bahkan kalau barangnya clearly dan dokumennya lengkap cuma hitungan jam diperiksa melalui Bea Cukai.