Sebenarnya, boleh atau noel ya jongkok usai melahirkan normal? Adakah risikonya jika Bunda sudah terlanjur melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Anda sedang menonton: Berapa minggu boleh jongkok setelah melahirkan


Setelah persalinan, terutama menjangkau cara normal, kawanan Bunda apa lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-sehari, sebagai duduk, berbaring, berjalan, hingga berjongkok. Berbicara soal berjongkok, sebenarnya boleh nggak, sih, jongkok ke melahirkan?

Akan tetapi, dahulu membahas lebih lanjut tentang bolehkah jongkok ke melahirkan, terlebih dahulu kita debat kondisi yang kerap dialami medang pasca melahirkan normal. Yakni mengenai bekas jahitan di area vagina apa kerap dialami sejumlah ibu.

Ada banyak aktivitas yang sebaiknya dibatasi setelah Bunda melahirkan, untuk takut akan berdampak diatas bekas jahitan di area vagina. Sebab, melahirkan normal sering meninggalkan bekas jahitan (episiotomi), yakni sayatan apa dibuat di jaringan antara publik vagina dan dubur (perineum).


*

Merawat jahitan bekas melahirkan normal. | bersumber gambar: Shutterstock


Meski demikian, noel semua ibu yang melahirkan normal ini adalah mendapatkan episiotomi, ini tergantung dengan kondisi Bunda. Namun, jika Bunda mengalami episiotomi, tentu pemulihannya noël selalu terasa nyaman. Bahkan, bagi mayoritas orang, episiotomi menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seksual usai berbulan-bulan melahirkan.

Nah, bagi Bunda apa mendapat episiotomi setelah melahirkan normal, tentu saja harus lebih berhati-hati batin beraktivitas dan merawat luka bekas jahitannya. Jika toksavingmoney.comak, ~ no toksavingmoney.comak mungkin jika episiotomi tersebut ini adalah menimbulkan risiko kemudian infeksi.


Apabila Bunda merasakan demam, sakit yang berlebih pada luka bekas jahitan, hingga mengeluarkan cairan sebagai nanah, maka sebaiknya langsung menghubungi dokter. Sebab, ini sanggup menjadi gejala dan komplikasi infeksi di ~ bekas episiotomi.

Cara Merawat luka Episiotomi

Ada beberapa cara menyudahi bagi Bunda buat merawat wound bekas episiotomi, antara lain:

1. Hindari melakukan Aktivitas apa Berat

*

Jika Bunda melakukan aktivitas-aktivitas apa berat dan berlebihan, ini mungkin memberikan tekanan di ~ perut Bunda, sehingga menimbulkan rasa noel nyaman atau nyeri di area bekas jahitan di vagina


2. Konsumsi Lebih kerumunan Serat

Bunda cantik tahu, kan, jika mengonsumsi dingin serat dapat mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar? Sembelit terjadi untuk kurang mengonsumsi serat sehingga feses terlalu keras.

Jika Bunda mengonsumsi dingin serat, kotoran akan dulu lebih lunak. Bunda pun toksavingmoney.comak perlu mengejan terlalu lama saat sampah air besar, sehingga infeksi ataukah lecet diatas area bekas episiotomi mungkin Bunda hindari.

3. Mengolah Kebersihan Area Vagina

*

Bunda harus selalu menjaga kebersihan area vagina, terutama setelah buang air kecil atau besar. Menjaga kebersihan area vagina penting untuk mencegah berkembangnya kuman.


Lalu, hindari membiarkan area vagina Bunda lembap, untuk bisa menjadi sarang kuman. Keringkan area vagina sebelum Bunda pakai celana batin dan jangan lupa karena teratur mengganti pembalut saat Bunda masih berada di dalam masa nifas.

Artikel Terkait: Perawatan Vagina usai Melahirkan

Benarkah Jongkok setelah Melahirkan Normal bisa ~ Sebabkan turun Peranakan?

Bun, pernahkah mendengar prolaps uteri? Melansir dari mei Clinic, prolaps uteri atau dikenal dengan turun peranakan adalah suatu terms turunnya rahim atau rahim menonjol setelah vagina yang terjadi karena otot dasar pinggul dan jaringan ikatnya melemah, sehinga noël bisa menyangga rahim.

Gejala prolaps uteri biasanya meliputi adanya rasa mengganjal di bagian vagina, publik paggul terasa penuh, toksavingmoney.comak nyaman saat berjalan, serta rasa sakit di punggung bagian bawah.

Prolaps uteri bisa ~ terjadi di ~ perempuan dari berbagai usia. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi di atas perempuan yang telah memasukkan masa menopause ataukah melahirkan normal. Melahirkan normal, terutama melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kilogram, dapat curam risiko terjadinya prolaps uteri diatas Bunda.


*

Selain itu, faktor genetik, usia tua, kebiasaan merokok, dan melakukan aktivitas fisik apa berlebihan sebagai mengangkat beban yang terlalu berat juga dapat berisiko terjadinya prolaps uteri.

Walaupun demikian, haruss dicatat, Bun, bahwa jongkok setelah melahirkan normal noel langsung berakibat prolaps uteri. Bab terpenting adalah Bunda toksavingmoney.comak melakukan sesuatu yang mengakibatkan tekanan apa terlalu bobot dan ramai pada perut.

Artikel Terkait: 7 töre Merawat Jahitan ke Melahirkan normal Agar Lekas sembuh dan noël Infeksi

Lalu, Kapan asibe Bunda Boleh Jongkok nanti Melahirkan Normal?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika Bunda mendapatkan episiotomi nanti persalinan normal, maka Bunda could akan merasakan sakit selama banyak minggu. Mengolahnya pemulihan pasca episiotomi ini berbeda-beda, tergantung pada kapak kesehatan Bunda.

Lihat lainnya: Ada Berapa Warna Samsung J7 Prime, Dari Baru Hingga Bekas, Samsung J7 Prime

Proses pemulihan yang berbeda-beda ini juga menandakan noël ada catatan tertentu ataukah patokan khusus circa kapan sebenarnya Bunda boleh jongkok ke melahirkan normal. Bunda just perlu memerhatikan kenyamanan dan kapak tubuh Bunda keseluruhan jika dicari jongkok ke melahirkan.