*

*

Elpiji merupakan merk dagang dari perusahaan minyak bumi BUMN PT. Pertamina. Elpiji kini telah dulu salah satu jajaran kebutuhan pokok bagi masyarakat, baik untuk kebutuhan rumah tangga, usaha kecil dan menengah, usaha komersial, industri, bahkan karena kebutuhan kesehatan. Di atas saat Elpiji mengalami kelangkaan atau kenaikan harga, pasti akan terjadi gejolak di masyarakat.

Anda sedang menonton: Berapa tekanan pada tabung gas lpg


Sekitar five 2007, Elpiji dijadikan program pemerintah, yaitu seperti pendukung kepala konversi berwujud bakar. Masyarakat apa saat menemani itu lebih kerumunan menggunakan minyak negara digiring karena mengganti berwujud bakar mencapai Elpiji 3 kg. Sejak itu, sering terdengar news kecelakaan pemakaian pipa gas Elpiji. Selain itu, ramai pula mengedarkan berita-berita apa menyeramkan kyung tabung Elpiji. Padahal, kecelakaan tersebut terjadi sebenarnya berbagai macam faktor. Dari situlah berkembang berita menyesatkan terkait anjungan gas Elpiji, seperti 5 news hoaks berikut ini:
Pada pegangan anjungan (hand guard), menjadi tampak simpul angka moon dan tahun. Banyak apa menganggap nomor tersebut merupakan tanggal kedaluwarsa sebuah tabung. Padahal, anjungan Elpiji noël mempunyai masa kedaluwarsa. Kode tersebut adalah kode tanggal dan tahun untuk mengecek mengulang kelayakan tabung.
Setiap anjungan gas Elpiji become melalui tangani itu pengecekan mengulang oleh para petugas retester. Jika masih megah edar, tabung ini adalah diperiksa bagian belakang apakah requires perbaikan atau just sekedar pengecatan ulang. Jika noël layak edar, tabung akan dimusnahkan ataukah dinamakan afkir.
Pada pipa “si melon”, terkadang terlihat tempelan gumpalan besi di atas pegangan tabung (hand guard) yang diberitakan kemudian bentuk kecurangan penjual gas ataukah agen gas. Isinya dikurangi, tabungnya diberi pemberat. Nyatanya, gumpalan besi menemani itu adalah deviasi satu upaya balancing buat berat lubang tabung.
Berat kosong pipa 3 kg adalah 5 kg, tetapi dinamakan anjungan 3 kg untuk mempunyai berat isi 3 kg. Anjungan Elpiji sebelum diisi harus memiliki memuat standar tabung kosong dan saat aturan dirombak kelayakan, memuat tabung kosong ini adalah distandardisasi. Jika mengalami penyusutan buat faktor maafkan saya pun, ini adalah diseimbangkan dengan pemberian plat besi agar memuat kosong pipa mencapai 5 kg.
Jarum meteran diatas tabung gas patuh dikira sebagai indikator isi tabung. Jika tidak pada berposisi full, orang menjadi menuduh bahwa penjual gas does kecurangan mencapai mengurangi content tabung. Sebenarnya, jarum tersebut unjuk besarnya tekanan content tabung. Diatas umumnya, content tabung yang penuh akan memiliki tekanan tinggi, tetapi terkadang, temperamen udara tentang yang dingin dan melunakkan tabung also bisa berakibat turunnya tekanan tabung. Berat isi anjungan Elpiji dapat diketahui menjangkau cara ditimbang.

Lihat lainnya: Tata Bahasa Baku Dan Bahasa Tidak Baku, Ragam Bahasa Non


Berita menyesatkan ini beredar karena tersebarluasnya video palsu yang menunjukkan rakyat terkena ledakan anjungan gas saat mengoksavingmoney.comyang-oksavingmoney.comyangkannya. Jikalau benar tabung gas akan burst jika dioksavingmoney.comyangkan, lantas di mana dengan menoksavingmoney.comlahnya distribusi gas yang menggunakan kendaraan dan siap pasti merajalela sepanjang perjalanan?
Kita sering mendengar berita tabung gas Elpiji meledak. Padahal, pipa gas sudah dirancang sedemikian rupa supaya noël bisa meledak. Jika diperhatikan, dari setiap kecelakaan “tabung gas meledak”, dapat dipastikan pipa gas masih batin keadaan utuh. Ledakan apa terdengar adalah sambaran dari sumber api pada sebuah kelompok gas yang bocor dan memenuhi ruang tertutup. Maka dari itu, pastikan tempat bersel tabung gas luaran ventilasi apa baik.
Itulah five berita menyesatkan kyung tabung gas Elpiji yang sering membuat orang ketakutan. Gunakan Elpiji benar ketentuan dan standar keamanan yang baik, kronologi ventilasi dan usia aksesoris tabung kemudian regulator dan selang, serta militer tenang dalam kondisi apapun, maka gas Elpiji akan tetap aman digunakan. (AH)
*

*

Pemerintah kota Cimahi

Jl. Raden Demang Hardjakusumah Blok jati Cihanjuang No.1, Kelurahan Cibabat, Kec. Cimahi Utara, kota Cimahi