Manusia, tumbuhan, dan hewan dikatakan such makhluk hidup. Mengapa disebutdengan alam hidup? untuk memiliki ciri-ciri seperti berikut:

Makan

Semua makhluk kehidupan memerlukan makanan. Tumbuhan dan hewanmemerlukan makanan yang berbeda. Tumbuhan memerlukan zat-zat anorganik,sedangkan hewan requires zat-zat organik karena makanannya. Zat organikumumnya terdapat secara bebas di alam, misalnya air, mineral, dan gaskarbondioksida. Makhluk kehidupan memerlukan makanan karena mendapatkan energi.Energi diperoleh digunakan untuk bergerak, tumbuhan, menanggapi rangsangan,dan berkembang biak.

Anda sedang menonton: Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri energi adalah

Metabolisme

Metabolisme merupakan keseluruhan respon kimia yang berlangsung di dalammakhluk hidup. Mengolahnya metabolisme memerlukan jernih dasar yang disebut substrat.Substrat tersebut berupa nutrisi atau zat makanan. Selain requires substrat,proses metabolisme juga memerlukan oksigen, Oksigen apa diperlukan diperolehdengan cara bernapas. Di ~ reaksi metabolisme, makanan yang kita cerna akandipecah-pecah menjadi berbagai macam senyawa kimia dan energi.

Melakukan adaptasi

adaptasi adalah pengaturan diri yang dilakukan malalui makhluk hidupterhadap perubahan lingkungan. Seperti contoh, pohon jati akan menggugurkandaunnya jika air negara berkurang. Daun digugurkan untuk mengurangi penguapan airmelalui permukaan daun. Jadi, menghanguskan jati melakukan penyesuaian diri (adaptasi)terhadap keadaan kekurangan air.

Hewan tambahan memiliki kemungkinan beradaptasi yang terlihat dari potongan daritubuh atau perilakunya. Kaki itik memiliki selaput renang di sela-sela jari feet untukmempermudah itik saat berenang atau berjalan di atas Lumpur. Kerbau berkubangpada saat terik siang days sebagai usaha buat menjaga agar tubuhnya noël terlalupanas.

Tumbuh

Jika benih tumbuhan ditanam, biji akan berkecambah dan tumbuh menjadibesar dan rimbun. Pertumbuhan di ~ ayam dimulai dari telur ayam yang menetasmenjadi anak ayam, lalu tumbuh dulu ayam dewasa. Segenap makhluk hidupmengalami tangani itu pertumbuhan dan perkembangan dulu dewasa. Tubuhmusekarang ini masih tertanam sehingga beral dan tinggimu semakin bertambah.Pertumbuhan umat ​​manusia dan hewan akan berhenti setelah mencapai usia tertentuatau setelah mencapai dewasa.

Berkembang Biak

ke menjadi dewasa, makhluk hidup akan berkembang biak. Berkembangbiak atau reproduksi merupakan pembentukan individu barn. Bagi makhluk hidup,reproduksi berfungsi untuk mempertahankan jenisnya agar noël punch. Caraberkembang biak makhluk kehidupan dibedakan dulu dua, yaitu secar kawin (seksual)dan secara tak kawin (asekmal). Perkembang budaya secara seksual melibatkan alatalatreproduksi yang berasal dari dua organisms, misalkan burung jantan dan burungbetina. Di atas tumbuhan, tool reproduksinya berupa benang sari dan putik.

Mengeluarkan Zat Sisa

Keringat dan air seni merupakan contoh zat sisa dari proses apa terjadi di dalamtubuh. Zat sisa ini harus dibuang ataukah dikeluarkan dari batin tubuh. Prosespengeluaran zat sisa di ~ makhluk kehidupan disebut ekskresi. Zat sisa di atas prosesoksidasi antara lain uap air dan karbon dioksida. Zat sisa ini dikeluarkan melalui alatpernapasan, sebagai paru-paru pada human dan insang diatas ikan. Sedangkantumbuhan mengeluarkan zat-zat sisa apa berupa oksigen, karbondioksida, uap air,dan tetesan air malalui proses respirasi, transpirasi, dan gutasi. Diatas proses respirasitumbuhan mengeluarkan karbondioksida, sedangkan fotosintesis dikeluarkanoksigen.

Lihat lainnya: Bantuan 2 4 Juta Untuk Umkm, Hore! Blt Umkm Rp2,4 Juta Dibuka Lagi

Iritabilitas

Iritabilitas also merupakan ciri-ciri intisari hidup. Untuk lebih lengkapnya, Yuk kitabahas di materi ke dua.