Struktur jembatan terbagi atas dua bagian cukup yaitu bagian atas jembatan dan potongan bawah jembatan. Structure bagian atas jembatan memikul langsung beban-beban lalu lintas apa berada di ns sedangkan bagian bawah jembatan memikul beban structure bagian atas jembatan dan meneruskannya nanti lapisan negara keras. Penyimpangan satu struktur bagian bawah jembatan adalah abutment jembatan.

Anda sedang menonton: Berikut ini yang merupakan bagian bawah dari jembatan adalah

Lalu, apa itu abutment jembatan? Berikut penjelasan berserta mencapai jenis-jenis abutment apa bisa dipakai untuk struktur bangunan jembatan.

Apa menyertainya Abutment Jembatan?


*

Abutment atau kepala jembatan adalah bagian konstruksi bawah jembatan apa terdapat pada detik ujung pilar-pilar jembatan apa berfungsi untuk mendukung ataukah memikul seluruh beban bangunan di atasnya.

Abutment bekerja dengan menerima beban-beban yang berasal dari bangunan di atas dan then menyalurkan beban-beban yang diterimanya tersebut setelah pondasi. Terdekat pondasi yang juga berfungsi kemudian penahan tanah akan meneruskan beban tersebut nanti tanah mencapai aman sehingga kestabilan negara terjaga.

Beban bangunan jembatan terdiri dari beban kehidupan (terpaan angin, kendaraan, dll) dan beban dies (beban gelagar, dll) di ~ jembatan. Selain itu, fungsi abutment jembatan ini adalah seperti penahan tanah hisop oprit jembatan (jalan pendekat).


Struktur konstruksi abutment dilengkapi dengan dinding sayap di ~ bagian samping kanan dan kirinya sehingga mampu menahan negara dengan arah megging lurus dari together jalan.


*

Model structure abutmen jembatan lama ataupun jembatan baru umumnya diatas prinsipnya setiap orang sama yaitu such pendukung bangunan atas. Yang menjadi catatan dalam pembangunan struktur abutment adalah kapak lapangan sebagai daya dukung tanah dasar dan kadarnya penurunan (seatlement) apa kemungkinan terjadi.

Struktur abutment dapat dibuat dari bahan seperti batu atau beton bertulang dengan konstruksi apa dibungun mirip dinding penahan tanah. Become tetapi buat perencanaannya harus memperhitungkan beban yang bekerja diatasnya.


Dalam perencanaan struktur abutment selain beban-beban yang bekerja tambahan harus diperhatikan pengaruh terms lingkungan seperti rate terpaan angin, aliran air, gempa, dan penyebab-penyebab intisari lainnya.
Kontraktor tambahan harus memperhatikan sulungnya bentuk atau types abutment apa akan digunakan. Dalam memilih harus menimbang pemfitnahan kaktor terms lapangan secara teliti.

Jenis-Jenis Abutment

Jenis abutment dingin bermacam-macam bentuknya. Kontraktor harus memperhatikan pemfitnahan hal batin pemilihanjenis abutment, kemudian bentuk bangunan atas yang akan digunakan, kapak tanah yang akan dipasang pondasi, dan terms bangunannya.

Berikut ini adalah jenis-jenis abutment jembatan adalah :


*

Jenis abutment gravitasi ini bekerja menjangkau menggunakan berat sendiri sehingga didapatkan kekuatan dan ketahanan untuk menahan beban-beban di atasnya.
Banyak kontraktor memilih tipe abutment ini karena bentuknya yang sederhana dan pelaksanaan perakitan yang noel begitu rumit.
Abutment tipe gravitiasi ini cocok digunakan pada struktur yang noël terlalu tinggi dengan bentang yang noel terlalu panjang,serta memiliki negara keras yang baik untuk peletakkan pondasinya.
*

Abutment jenis T jepit merupakan abutment yang dilengkapi dengan balok kantilever diatur dari suatu dinding memanjang. Balok ini berfungsi such suatu plat kekuatan dari dinding.
Beban-beban apa bekerja berasal dari memuat abutment itu sendiri serta beban tanah diatas pelat tumpuan/tumit.
Material yang used berasal beton bertulang sehingga mampu digunakan pada konstruksi jembatan yang lebih tinggi dibandingkan abutment tipe gravitasi.
*

Struktur abutment tipe ini memiliki kemiripan menjangkau abutment tipe T terbalik. Bedanya, pada sisi belakangnya (counterfort)dilengkapi penopangsehingga mampu memperkecil gaya yang bekerja di ~ dinding yang memanjang dan pada tumpuannya.
Material penyusunnya juga sama dengan abutment tipe T terbalik, yaitu manfaat material beton bertulang. Abutment tipe penopang ini tangan kedua pada struktur jembatan apa tinggi.

Lihat lainnya: Apa Yang Dimaksud Dengan Mengagendakan Surat, Mengagendakan Surat Masuk


Itulah ulasan mengenai what itu abutment jembatan dan jenis-jenisnya.Pekerjaan konstruksi abutment jembatan ini sangat harus diperhatikan dan dikerjakan sesuai dengan standar yang ada, agar abutment jembatan apa dihasilkan pada saat kemudian dapat aman dan kokoh sesuai menjangkau umur untuk merencanakan yang telah ditentukan.
Contoh suratDokumen KontrakDokumen Teknise-katalogEprocurementKAKKasus oksavingmoney.comKorupsiLKPPLowonganLPSENewsPajakPanduan Panita Lelangoksavingmoney.comoksavingmoney.com LangsungPerpresSPSETips