3 menit

Seorang muslim wajib nota dan mengimani rukun mempercayai yang dijadikan landasan kepercayaan batin agama Islam. Yuk, pahami rukun memercayai lebih jauhnya lewat ulasan dalam item ini!

Rukun memercayai berasal dari gabungan dua kata, antara lain “rukun” yang berarti utama atau tua- dan “iman” apa berarti kepercayaan.

Anda sedang menonton: Beriman kepada hari akhir termasuk rukun iman yang ke

Bila didefinisikan, rukun mempercayai merupakan utama keimanan yang harus hatim oleh seorang muslim di dalam menjalani kehidupan.

Kepercayaan tersebut diwujudkan dengan cara pembenaran dan meyakini diri karena mengakui secara lisan dan mengamalkannya di dalam bentuk tindakan sehari-hari.

“Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an apa diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian tambahan orang-orang apa beriman. Alles beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasulnya-Nya.” (Al-Baqarah: 285).

Kemudian, Hadis Riwayat Imam Muslim juga mengatakan bahwa terdapat enam rukun iman yang delegasi dipercaya.

“Maka kabarkan padaku tentang iman, Rasulullah bersabda: mempercayai adalah bahwa kamu beriman kepada Allah dan malaikat-Nya, segala kitab-Nya, dan Rasul-Nya dan aku akhirat serta kamu beriman mencapai qadar baik dan buruk.” (HR Imam Muslim)

Berikut ini merupakan penjabaran mengenai rukun memercayai dalam Islam apa harus kamu tidak dan pelajari.

Rukun memercayai dalam Islam

1. Iman kepada Allah

*
*
*
*

Dalam Islam, setiap orang muslim diwajibkan mengimani adanya days akhir atau kiamat.

Pada hari tersebut, seluruh amal kebaikan dan keburukan akan dihisab dan ditimbang dengan adil.


Terdapat dua kiamat apa diyakini, yakni kiamat sugro atau kiamat kecil dan kiamat kubro ataukah kiamat besar.

Kiamat sugro berupa bencana alam dan tambahan kematian, sedangkan kiamat kubro berarti hancurnya setiap orang alam semesta dan sign dimulainya kehidupan akhirat.

Rukun memercayai kepada aku kiamat bisa dilakukan dengan berperilaku dan beribadah intevensi dan meyakini bahwa amal dan perbuatan menjadi diperhitungkan dan dibalas Allah di days kiamat.

6. Mempercayai kepada Qada dan Qadar (Takdir)

Rukun memercayai yang terakhir, Allah Swt. Memerintahkan umat Islam buat mengimani takdir baik (qada) dan takdir buruk (qadar).

Lihat lainnya: Aku Pernah Sakit Tapi Tak Sesakit Ini, Lirik Lagu Pernah

Beriman diatas qada dan qadar ini adalah membuat seorang muslim karena berusaha dan berserah diri di atas ketetapan Allah Swt.