Menyajikan insula terkini, terbaru dan terupdate mulailah dari politik, bisnis, selebriti, way of living dan masih banyak lagi.

Anda sedang menonton: Berita peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa indonesia


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Keragaman kesukuan bangsa, agama, budaya, hingga ras membuat Indonesia disebut such negara dengan masyarakat majemuk. Pluralisme ini merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang noël ternilai.
Kendati demikian, jamak ini juga dapat were masalah tersendiri bagi negara Air. Jika salah di dalam menyikapi keberagaman social dapat berpotensi memicu pecahnya persatuan country Indonesia.
Sejatinya, ada kerumunan peristiwa yang bisa memicu perpecahan. Peristiwa ini sanggup disebabkan buat alasan ekonomi, agama, hingga politik. Lalu, what saja peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan negara Indonesia? Simak ulasan berikut.
Menurut murni Wahyuni, dkk. Dalam Jurnal The background of totally free Aceh Movement’s Rebellion (Gerakan Aceh Merdeka, Gam) In Aceh tahun 1976-2005, gerakan Aceh Merdeka alias GAM dideklarasikan melalui Hasan Tiro diatas 1976.
Gerakan ini menjadi bentuk kekecewaan apa diakibatkan melalui pemerintah pusat yang menganut paham sentralisme. Peristiwa ini tidak hanya melibatkan propaganda, namun also menggunakan senjata. Selain itu, gerakan ini also mengupayakan pemisahan dengan utama NKRI.
Kerusuhan sampanye 1998 dulu salah satu peristiwa kelam dalam sejarah country Indonesia. Batin peristiwa ini, terjadi perpecahan yang memakan ribuan korban di negara Air. Crowd masyarakat yang dijarah, disiksa, juga diperkosa.
Kerusuhan ini berawal dari krisis finansial di utama Asia. Kemudian, peristiwa ini juga dipicu melalui tragedi Trisakti, di mana empat mahasiswa chip hotch Trisakti tewas ditembak batin demonstrasi diatas Mei 1998.
Mengutip Jurnal Konflik Antar warga di Tanjung Balai asahan Sumatera phia băc yang ditulis malalui Heni Ismiati dan Muhammad Ferdyansyah (2017), peristiwa ini bermula dari pembangunan dan peletakan patung Buddha Amithaba dan Vihara Tri Ratna yang dianggap mengganggu kenyamanan ibadah oleh roti isi daging Muslim di Tanjung Balai.
Pada 29 Juli 2016, Vihara tersebut dibakar sehingga menyebabkan adanya sentimen biakan antara sosial Melayu Tanjung Balai asahan degan etnis Cina di daerah tersebut.
Terbentuknya dicuri Separatis Bersenjata di Papua didorong malalui masalah PT Freeport apa tak kunjung ditutup oleh Indonesia. Pemerintah Indonesia justru memperpanjang kontrak PT Freeport.

Lihat lainnya: Ada Band Haruskah Ku Mati Karenamu, Lirik Dan Chord Lagu Haruskah Kumati


Di samping itu, manuvernya ini also didorong oleh diskriminasi pemerintah terhadap utama Papua serta prasarana yang tidak merata antara Indonesia bagian Timur mencapai bagian tengah dan Barat.