Bencana yang dikenal dengan nama Gempa Tohoku atau Gempa Fukushima itu memicu tsunami apa menghancurkan perkotaan, serta merobohkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi.

Anda sedang menonton: Berita tsunami jepang 11 maret 2011

Lebih dari 18.000 setiap orang tewas yang sebagian besar akibat tsunami, dan hampir setengah juta warga mengungsi.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email


Pemerintah juga mengumumkan, kyung 3.700 setiap orang tewas sebagian besar sebenarnya efek dari gempa Tohoku dan tsunami tersebut.

Baca juga: aku Ini batin Sejarah: Gempa dan Tsunami Tohoku Bikin Jepang Tertunduk Lesu

Associated Press (AP) mewartakan, 40.000 lebih warga masih noël bisa pulang usai rumah di Fukushima dan sekitarnya, karena terdampak kontaminasi radioaktif.

"Rekonstruksi di quận yang terdampak berjalan signifikan, tetapi pemulihan jiwa para korban noël mencapai kemajuan sebagai yang diharapkan," kata Makoto Saito guru di SD Minamisoma.

Saito kehilangan putranya yang berusia 5 tahun, Shota, akibat tsunami.


Mewakili para penyintas gempa Fukushima Jepang, Saito berpidato di dalam upacara peringatan 10 tahun, bahwa dialah khawatir orang-orang luarnya zona plague lupa insiden tersebut, dan dia become terus menceritakan pelajaran dari musibah tersebut.

Baca juga: pusat Gempa Jepang 7,3 Magnitudo menutup Lokasi Tsunami 2011

Sementara itu kaisar Naruhito mengaku prihatin mencapai rakyatnya yang masih kesulitan dan mengalami perubahan drastis dalam hidup mereka, untuk kehilangan orang-orang tercinta, pekerjaan, dan komunitasnya.

"Saya tambahan menekankan pentingnya menyembuhkan luka batin dan menjaga kesehatan mental serta fisika bagi mereka yang menderita, tersirat orang tua dan anak-anak," terangnya.

Kaisar also menyarankan orang-orang saling membantu tanpa meninggalkan siapa pun batin situasi berat ini.

Baca juga: kapak Fukushima setelah Diguncang Gempa Jepang 7,3 Magnitudo, atap Stasiun Bocor dan tanah Longsor

Di town Otsuchi, prefektur Iwate, apa balai kotanya hancur akibat tsunami dan 40 karyawannya tewas, familic korban menjangkau jas warna remang berkumpul di sebidang negara kosong angkasa bangunan menemani itu dulu berdiri.

Kemudian di Ishinomaki, prefektur Miyagi, puluhan warga berdoa di tugu peringatan yang memuat lebih dari 3.000 nama korban.

Upacara peringatan 10 five gempa Fukushima ini adalah yang last diselenggarakan pemerintah.

Acara dihelat dua minggu sebelum estafet obor olimpiade itu dimulai dari Fukushima, karena mengawali kelukaan Olimpiade Tokyo Juli mendatang yang tertunda.

Lihat lainnya: Apa Yang Harus Kita Lakukan Jika Gebetan Menjauh, Tips Ampuh Bikin Gebetan Perhatian Lagi

Baca juga: kenapa Jepang sering Mengalami Gempa Bumi?

Dapatkan update news pilihan
dan breaking news setiap hari dari oksavingmoney.com. Mari bergabung di Grup telegram "oksavingmoney.com news Update", caranya klik link https://t.me/oksavingmoney.comcomupdate, kemudian join. Milik mereka harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.