JAKARTA, oksavingmoney.com.com - Mendekati idul fitri 1441 Hijriah, masyarakat mulailah bersiap-siap dibayar zakat fitrah. Zakat fitrah individu bersifat terdaftar bagi umat Islam dan dibayar sekali di dalam setahun.

Anda sedang menonton: Besarnya zakat fitrah untuk setiap orang adalah

Zakat ini dibayarkan di dalam bentuk mata uang tunai maupun beras apa harus dilakukan sebelum batas di atas atau dahulu waktu shalat Idul Fitri.

Direktur major Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Mohamad pin ari Purwakananta, keluar besaran pembayaran zakat fitrah di lima 2020 menggunakan standar beras 2,5 kilogram atau setara 3,5 liter beras.

Baca juga: Hasil pergerakan Sama Baznas dan Kemenag, 3.000 orang Terdampak Covid-19 Terima Zakat

Menurut dia, jumlah beras apa dibayarkan buat zakat fitrah yakni berlaku kemiripan di daerah manapun di Indonesia. Namun untuk pembayaran dengan mata uang tunai, besarannya berbeda-beda pantas dengan harga beras atau memberi makan pokok dll di wilayah tersebut.

Standar pembayaran zakat fitrah ini dijelaskan di dalam SK ketua Baznas angka 27 tahun 2020 tentang biaya Zakat Fitrah dan Fidyah.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email


Di Jakarta, mencapai standar zakat fitrah uang tunai Rp 40.000, jika dalam sebuah familic terdapat 3 orang, berarti zakat yang dikeluarkan sebesar Rp 120.000.

Contoh lainnya, karena daerah Jawa Barat, besaran mata uang tunai karena zakat fitrah yang dibayarkan yakni kisaran Rp 25.000 - 40.000. Lalu Banten Rp 30.000, DIY Rp 30.000. Begitupun untuk wilayah lainnya, yakni disusul harga 2,5 kilogram beras atau memberi makan pokok lain di daerah masing-masing.

Baca juga: Baznas Tangsel buka terbuka Layanan Zakat Fitrah Online untuk Hindari Kerumunan

Zakat fitrah atau zakat jiwa adalah zakat apa dibayarkan atas setiap jiwa rakyat muslim, baik pendewasaan maupun anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan.

Zakat fitrah saat corona

Menurut Arifin, dalam masa pandemik virus Corona (Covid-19), Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa nomor 23 sekitar Pemanfaatkan Harta Zakat, Infak, dan Shadaqah buat Penanggulangan Wabah Covid-19 dan dampaknya.

Salah satu poin cukup adalah ketentuan, zakat fitrah boleh ditunaikan dan disalurkan sejak awal Ramadan tidak punya harus menunggu malam Idul Fitri.

"Jadi sudah ada fatwa MUI bahwa disampaikan penyaluran sebagian zakat fitrah sanggup dilakukan saat ramadhan tanpa menunggu hingga malam idul fitri atau sebelum shalat Id," kata Arifin.

Arifin also menjelaskan kriteria penerima zakat ataukah mustahiq. Di mana salah satu mustahiq adalah rakyat miskin dan fakir.

"Penentuan mustahiq ini perbedaan dengan pengertian mempersenjatai versi pemerintah atau BPS. Untuk zakat ada patokan tersendiri, selama dia ~ no muzakki (pembayar zakat), artinya dia mustahiq," dokter dia.

Baca juga: Jokowi dan Maruf Amin pembayaran Zakat lewat Baznas secara Online

Di Indonesia, Baznas memiliki pertimbangan tersendiri. Penerima zakat berpedoman di ~ nisab atau batasan kekayaan.

"Yang dibantu adalah mereka apa di bawah nisab yaitu berpenghasilan sebesar di bawah Rp 6 juta (per bulan) menurut nisab emas. Tapi Baznas menjadi memabantu yang paling miskin dari doan ini," kata Arifin.

Lihat lainnya: Bolehkah Berhubungan Saat Hamil 1 Bulan Bahayakah, Berhubungan Saat Hamil Muda

Dapatkan update berita pilihan
dan breaking news setiap hari dari oksavingmoney.com.com. Mari bergabung di Grup telegram "oksavingmoney.com.com berita Update", caranya klik link https://t.me/oksavingmoney.comcomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.