Sebagai tengah dari tata surya, Matahari merupakan bintang apa jaraknya paling dekat dengan planet kita, Bumi. Meskipun enim bintang apa terdekat, selang antara Bumi mencapai Matahari masih terpaut terutang jauh, yaitu sekitar 149.597.870 kilometer.

Anda sedang menonton: Bintang yang paling dekat dengan bumi

Nah, berhubung di intisari semesta ada begitu kerumunan bintang apa mustahil dapat dibebankan jumlah pastinya. Maka dari itu, siap pasti ada bintang lain selain Matahari apa memiliki jarak relatif dekat dengan Bumi.

Menariknya, kebanyakan dari bintang-bintang tersebut luaran keunikannya masing-masing, juga ada pula yang sudah dikonfirmasi memiliki planet apa mengorbit kepadanya. Penasaran bukan dengan bintang-bintang lain apa dekat mencapai Bumi? Yuk, simak daftarnya dalam artikel berikut ini!


*
foto dari Alpha Centauri A dan B terbaik yang berhasil ditangkap Teleskop Hubble. (nasa.gov)

Alpha Centauri sebenarnya bukan bintang tunggal. Menyertainya adalah susunan dari tiga buah bintang yang berbeda dengan dalam jumlah besar yang berbeda-beda pula apa masuk usai sebuah sistem yang dinamakan Alpha Centauri. Ketiganya memiliki namu Proxima Centauri, Alpha Centauri A, dan Alpha Centauri B. Menariknya, pelubangan antara ketiganya relatif dekat sehingga merekalah bintang-bintang paling dekat dengan Bumi setelah Matahari.

DilansirThoughtCo.,Proxima Centauri jadi yang lebih dekat dengan Bumi dari ketiga asetnya bintang ini mencapai jarak kyung 4,27 juta lima cahaya, disusul dengan Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B mencapai jarak kyung 4,37 juta five cahaya.

Menariknya lagi, Proxima Centauri selain jadi yang terkecil dari dua bintang lain tambahan menyimpan sesuatu yang bisa saja mengerikan ilmu antariksa. Sebab, para peneliti telah menemukan keberadaan sebuah planet apa mengorbit pada bintang ini. ~ disebut-sebut kalau planet tersebut adalah planet berbatu seperti Bumi, lho!


*
ilustrasi dari bintang merah mencapai sebuah planet apa mirip mencapai Barnard"s Star (earthsky.org)

Barnard"s Star merupakan sebuah bintang apa diberi namu sesuai menjangkau peneliti Amerika Serikat apa mengobservasi bintang ini, E.E Barnard. Bintang ini merupakan bintang dengan gerakan perpindahan terbesar di antara bintang lain yang telah diketahui. Sehingga manuver bintang ini ini adalah jauh lebih cepat meninggalkan posisi awalnya ketimbang bintang go di alam semesta.

Lihat lainnya: Bab Encer Tapi Bukan Diare Pada Anak Diare Saat Lebaran, Harus Bagaimana?

LamanSpacemelansir, jarak antara Barnard"s Star mencapai Bumi diperkirakan circa 5,96 juta five cahaya. Sayangnya, dari observasi apa telah dilakukan hingga saat ini, tidak ditemukan keberadaan planet yang mengorbit kepada bintang ini. Untuk ukuran dan cat cahayanya sendiri, bintang ini termasuk ke dalam bintang kerdil mencapai cahaya berwarna merah.