Nama Lengkap : Raden Ajeng Kartini Djojo AdhiningratNama lain : R.A KartiniTempat dan Tanggal Lahir : Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879Wafat : Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904Agama : IslamOrang tua : Raden Mas bangsawan tinggi Ario Sosroningrat (Ayah), M.A. Ngasirah (Ibu)Saudara Kandung : R.M Slamet Sosroningrat, P.A Sosrobusono, R.A Soelastri, Drs. R.M.P Sosrokartono, R.A Roekmini, R.A Kardinah, R.A Kartinah, R.M Muljono, R.A Soematri, R.M RawitoSuami : K.R.M. Adipati Ario singgih Djojo AdhiningratAnak : Soesalit Djojoadhiningrat

Biografi singkat R.A Kartini

Masa kecil R.A Kartini

R.A Kartini lahir diatas tanggal 21 April lima 1879 di kota Jepara. Nama lengkap Kartini adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat. Mengenai sejarah RA Kartini dan saga hidup Kartini, ia incuver di tengah-tengah familic bangsawan malalui sebab akun itu ia dapatkan gelar R.A (Raden Ajeng) di dokter namanya.

Anda sedang menonton: Biografi ra kartini dalam bahasa jawa

*
*
*

Sepeninggal R.A Kartini, kemudian seorang pria belanda bernama J.H. Abendanon yang ketika menyertainya menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, religius dan Kerajinan pada kenyataannya Belanda.

Ia start mengumpulkan surat-surat apa pernah ditulis malalui R.A Kartini selagi ia aktif melakukan korespondensi mencapai teman-temannya yang berada di Eropa selama itu.

Dari situ kemudian disusunlah buku apa awalnya judul ‘Door Duisternis tot Licht‘ yang then diterjemahkan dengan judul Dari Kegelapan menuju Cahaya apa terbit pada lima 1911.

Buku tersebut dicetaknya sebanyak five kali, dan diatas cetakan kelima terdapat surat-surat apa ditulis malalui Kartini. Pemikiran-pemikiran apa diungkapkan olehnya then banyak menarik catatan masyarakat ketika itu terutama kaum Belanda. Karena yang menitip surat-surat tersebut adalah wanita pribumi.

Pemikirannya banyak mengubah pola pikir social belanda terhadap perempuan pribumi selama itu. Tulisan-tulisannya tambahan menjadi ilham bagi para tokoh-tokoh Indonesia kala itu sebagai W.R Soepratman. Beliau kemudian menbuat lagu apa berjudul ‘Ibu itupenggunaan Kartini‘. Inilah yang were salah satu prestasi dari RA Kartini.

Atas jasa RA Kartini , Presiden Soekarno sendiri tentu saja itu mengeluarkan instruksi berupa Keputusan Presiden republik Indonesia No.108 lima 1964, di ~ tanggal 2 Mei 1964, apa berisi penetapan Kartini seperti Pahlawan kemerdekaan Nasional. Soekarno tambahan menetapkan aku lahir Kartini, yakni di ~ tanggal 21 April, diperingati sebagai days Kartini sampai sekarang ini.

Munculnya Perdebatan Surat-Surat apa Ditulis malalui Kartini.

Banyak perdebatan serta kontrovesi mengenai surat-surat apa ditulis oleh Kartini, sebab hingga saat ini sebagian besar naskah nguyên surat Kartini tak diketahui keberadaannya.

Jejak keturunan J.H. Abendanon pun sulit buat dilacak melalui Pemerintah Belanda. Kerumunan kalangan apa meragukan kebenaran dari surat-surat Kartini.

Ada apa menduga bahwa J.H. Abendanon, does rekayasa surat-surat Kartini. Ragu ini didasarkan pada booker Kartini apa terbit saat pemerintahan kolonial Belanda menjalankan politik etis di indies Belanda ketika itu.

J.H Abendanon sendiri termasuk yang memiliki kepentingan dan menyumbangkan pelaksanaan politik etis dan tentu saja itu ia juga menjabat kemudian Menteri Kebudayaan, agama dan Kerajinan indies Belanda kapan itu.

Selain itu penetapan tanggal kelahiran Kartini sebagai hari besar juga banyak diperdebatkan. Pihak yang noël begitu menyetujui, mengusulkan agar tidak just merayakan aku Kartini saja, namun merayakannya together dengan aku Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember.

Alasan mereka adalah agar noël pilih kasih, sebab masih ada pahlawan banci lain yang tidak kalah agungnya perjuangannya dengan Kartini seperti Dewi Sartika, cut Nyak Dhien, Martha Christina Tiahahu, dan lain-lain.

Menurut sebagian kalangan, kanton perjuangan Kartini itu just di Jepara dan rembang saja, Kartini also tidak pernah mengangkat senjata perlawanan penjajah kolonial.

Keturunan R.A Kartini Hingga Saat Ini

Seperti diketahui silam wafat R.A Kartini mempunyai seorang anak bernama R.M Soesalit Djojoadhiningrat gawangnya pernikahannya mencapai K.R.M. Adipati Ario singgih Djojo Adhiningrat.

Anak Kartini apa bernama Soesalit Djojoadhiningrat sempat menjabat sebagai Mayor gene pada masa kependudukan Jepang.

Ia kemudian mempunyai anak bernama RM. Boedi Setiyo Soesalit (cucu R.A Kartini) yang kemudian menikah menjangkau seorang feminin bernama Ray. Sri Biatini Boedi Setio Soesalit.

Dari gawangnya pernikahannya tersebut, beliau mempunyai lima orang anak bernama (Cicit R.A Kartini) yang masing-masing bernama RA. Kartini Setiawati Soesalit, then RM. Kartono Boediman Soesalit, RA Roekmini Soesalit, RM. Samingoen Bawadiman Soesalit, dan RM. Rahmat Harjanto Soesalit.

Film Kartini

Kisah dari perjuangan dari R.A Kartini siap pernah diangkat ke layar lebar. Tercatat siap ada tiga film yang mengangkat mengenai sosok dari RA Kartini such film berjudul R.A Kartini yang mempan pada lima 1984. Film itu menceritakan kartini memperjuangkan emansipasi kaum wanita di atas masanya.

Kemudian ada juga film apa berjudul Surat dicintai Kartini yang membuat pada lima 2016 dan yang terbaru berjudul Kartini sebuah film disetujui pada bulan april 2017 apa mengisahkan sosoknya. Movie ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan sosok kartini diperankan malalui Dian Sastrowardoyo.

Lihat lainnya: Batubara Digunakan Sebagai Bahan Bakar Apa Saja ?Tolong 7 Manfaat Batu Bara Untuk Kehidupan Sehari

Buku-Buku R.A KartiniHabis redup Terbitlah TerangSurat-surat Kartini, Renungan kyung dan untuk BangsanyaLetters native Kartini, one Indonesian Feminist 1900-1904Panggil Aku Kartini Saja (Karya Pramoedya ananta Toer)Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminyaAku Mau … Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903.