Bagiku, ada satu hal apa pasti ini adalah teringat ketika menjelang tanggal kelahiran. Apalagi kalau ~ no perpanjang SIM, baik itu SIM A atau pun center C. Nah, berhubung epidemi masih belum usai yang disebabkan saya mungkin WFH (work native home) di kampung halaman. Terbesik satu masalah, bagaimana itu? nantinya perpanjangan SIM. Lima 2020, masih santai sih untuk memang SIM berutang bakal habis masa berlakunya di five 2021.

Anda sedang menonton: Bisakah perpanjang sim di kota lain

Menjelang masa berlaku center habis, akhirnya awal mencari insula terkait perpanjangan SIM beda domisili alias perpanjangnya ndak di town tempat alamat yang tertera di KTP. Seperti informasi, KTP saya beralamatkan champa dan ingin does perpanjang sim di kota Palu. Lumayan tambahan kan ya. Sudah beda kota, beda pulau pula. Untung masih di Indonesia. Miliki kan.

Langkah awal sih, meminta rekan polisi yang saat ini bertugas di Pangkalpinang. Jawabannya, standar “tergantung kebijakan kota masing-masing”.Fixed, menjawab ini masih belum menjawab problem utama, apakah bisa does perpanjang SIM dengan beda alamat tempat tinggal. Jawaban yang diplomatis ini, akhirnya membuat saya browsing lama di internet. Kawanan jawaban dan beragam, tetapi rata-rata restoran jawaban apa nanggung pula. Ada apa menuliskan, perpanjang center Jabodetabek bisa dilakukan di kota mana pun yang penting masih Jabodetabek. Chapter ini saya sudah untuk mengetahui sedari dulu.


*

Satu minggu menjelang berakhirnya masa aktif SIM, terbatas saya mencoba karena langsung datang nanti SIM Keliling yang jaraknya hanya 1.5 km dari alamat rumah di town Palu. Gampang kok karena menemukan SIM keliling di town Palu dan also seharusnya di kota lainnya untuk bentuk mobil ataukah busnya khas milik POLRI berwarna biru putih. Atau jika noël tahu alamat detilnya, tinggal bertanya saja Google menjangkau mengetikkan kata terkunci “SIM keliling terdekat”.

Ketika sampai di lokasi center Keliling, halaman pertama yang saya lakukan adalah bertanya terlebih silam kepada petugas pembuatan SIM, apakah bisa melakukan perpanjangan SIM dengan alamat bukan kota Palu? dan jawabannya, “bisa”.


Persyaratan perpanjangan SIM Beda Alamat dengan KTP.

Perpanjang sim A dan C pastinya luaran persyaratan apa sama antara satu quenn dengan menyiksa yang lain. Persyaratan ini tertuang batin Perkap 09 tahun 2012 (Tentang SIM) Pasal 28 yaitu:

1.Mengisi forms Perpanjangan SIM.

2.E-KTP asli dan foto copy.

3.Surat keterangan diberkatilah anda dari dokter.

4.Surat keterangan lulusan uji psikologi.

Awalnya saya hanya bawa foto copyKTP dan E-KTP asli, tetapi ternyata selama antri untuk proses pendaftaran, saya tampan menyerahkan E-KTP Asli. Untuk persyaratan surat keterangan dari tutur dan suratnya keterangan lulus uji psikologi siap bisa diurus bersamaan dengan proses pembuatan SIM.

Jadi bagi perorangan apa tidak bawa surat keterangan dokter dan surat keterangan lulusan uji psikologi jangan khawatir, untuk sudah difasilitasi oleh layanan SIM keliling ini.

Oh iya, saya memilih SIM Keliling buat tempatnya yang dekat dan berpeluang antrinya noel banyak. Center Keliling yang saya kunjungi memiliki jam operasional pukul 09.30 - 15.00 WITA dari hari Senin-Sabtu. Tetapi untuk pengambilan nomor antrian sudah bisa kok dilakukan mulai kota 08.00 WITA.

Biaya pelebaran SIM A dan sim C.

Saya pernah mendengarkan bahwa perpanjang sim C dikenai tarib hingga 500ribu. Could hal itu bisa terjadi jika tangani itu pembuatannya dilakukan mencapai bantuan pihak lain alias calo.

Jika mengurus sendiri di center Keliling tarif perpanjang sim A sebesar Rp 80.000 dan center C sebesar Rp 75.000. Mendesak terjangkau, apalagi masa berlakunya untuk 5 tahun.

Perlu untuk diketahui, bahwa pengeluaran tersebut di luar cost pengurusan surat keterangan sehat dan surat keterangan uji lolos psikologi.

Catatan mengkhususkan Terkait memperpanjang SIM di center Keliling

Ada beberapa bien khusus relevan proses perpanjangan SIM di center Keliling:

1.SIM Keliling hanya menerima memperpanjang SIM A dan C saja bukan proses pembuatan center baru.

2.Jika masa berlaku SIM siap lewat, maka noël bisa dilakukan memperpanjang SIM di sim keliling,harus setelah Polres atau SAMSAT terdekat. Prosedurnya sama such pembuatan sim baru. Memanggang pastikan perpanjang SIM sebelum masa berlakunya habis.

3.Perubahan alamat diatas SIM bisa ~ langsung dilakukan.Seperti pengalaman saya, sesuai SIM awal alamatnya masih di kabupaten Bekasi. Nah, kapan perpanjang sim di sim keliling town Palu, alamatnya saya minta untuk disesuaikan dengan alamat KTP, yaitu champa Selatan. Jadi perubahan alamat disusul alamat e-KTP terbaru mungkin langsung dilakukan rantai dengan proses perpanjangan SIM.

4.Masa berlaku SIM militer 5 tahun tetapi mengikuti waktu perpanjangan terakhir bukan lagi mengikuti tanggal lahir. Jika sebelum berlaku 5 lima sesuai tanggal lahir. Sekarang sudah disesuaikan dengan tanggal pembuatan dan berlaku 5 lima ke depan sesuai tanggal pembuatan. Contoh, jika tanggal incuver 25 April dan perpanjangan SIM dilakukan di ~ tanggal 20 April, maka masa berlaku sim terbaru adalah 20 April di five ke-5, ndak lagi tanggal 25 April.

5.Jika memiliki SIM A dan center C, maka sebaiknya diperpanjang secara bersamaan karena lebih menghemat nilai pengurusan surat keterangan sehat dan surat keterangan lolos uji psikologi. Satu surat ini bisa digunakan secara bersamaan karena SIM A dan center C.

Lihat lainnya: Bagaimana Tata Cara Melaksanakan Salat Tarawih Di Rumah Berjamaah Dan Bacaan

Jadi, jangan ragu lagi untuk melakukan pelebaran SIM menjangkau beda alamat ataukah beda domisili di center keliling. Tinggal datang ke SIM keliling terdekat dan ikuti syarat dan prosedurnya. Simpel kok dan noël butuh waktu lama. Selamat melakukan upaya dan pastikan profil perpanjangan SIM silam masa aktifnya berakhir. Jangan sampai SIM dies dan bisa mempengaruhi gaya hidup kita.